Meregenerasi Konsep Fikih Al-Bi’ah Dalam Dunia Pendidikan: Program Adiwiyata Berbasis PAI Progresif Sebagai Upaya Membumikan Karakter Cinta Lingkungan

Ramadhan, Sayid Ahmad and Anwar, Khairil (2025) Meregenerasi Konsep Fikih Al-Bi’ah Dalam Dunia Pendidikan: Program Adiwiyata Berbasis PAI Progresif Sebagai Upaya Membumikan Karakter Cinta Lingkungan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 13 (1). ISSN 2303-2952

[img] Text
Sayid AR- Jurnal Intelektualita - Khairil Anwar.pdf

Download (678kB)
Official URL: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektu...

Abstract

Penelitian ini menawarkan formulasi kritis terhadap konsep fikih al-bi’ah dengan fokus pada revitalisasi sub-prinsipnya dalam sistem pendidikan berbasis program Adiwiyata melalui
pendekatan Pendidikan Agama Islam (PAI) progresif. Melalui metode kajian pustaka yang bersifat analitis dan evaluatif, studi ini menelusuri keterkaitan antara prinsip-prinsip normatif dalam Islam dan praksis pendidikan lingkungan yang holistik. Hasil kajian menunjukkan bahwa fikih al-bi’ah
harus diredefinisi sebagai kerangka etis-teologis yang dinamis dan mampu menjawab kompleksitas persoalan ekologi kontemporer. Di sisi lain, meregenerasi prinsip fikih al-bi’ah ke dalam program Adiwiyata melalui pendekatan Pendidikan Agama Islam (PAI) progresif, dipandang sebagai medium pedagogis yang berpotensi menginternalisasikan nilai-nilai religius melalui praktik ekologis yang transformatif. Lebih lanjut, keterlibatan kolektif aktor pendidikan yakni guru, siswa, dan masyarakat begitu sangat diperlukan untuk mengembangkan kesadaran ekologis berbasis spiritualitas Islam dan kearifan lokal yang kontekstual. Adapun sebagai penutup, seyogyanya juga ditopang oleh evaluasi kritis terhadap pelaksanaan program yang dilakukan
dengan memadukan dimensi teologis, pedagogis, dan sosial-ekologis dalam kerangka masyarakat digital. Hematnya, temuan penelitian ini menegaskan bahwa upaya meregenerasi fikih al-bi’ah menuntut pergeseran paradigma dari pendekatan simbolik-normatif menuju paradigma praksistransformatif berbasis integrasi ilmu, agama, dan lingkungan.

Abstract

This study offers a critical formulation of the concept of fiqh al-bi’ah by focusing on the revitalization of its sub-principles within an Adiwiyata-based education system through a progressive Islamic Religious Education (PAI) approach. Using an analytical and evaluative literature review method, this study explores the correlation between normative Islamic principles and holistic environmental education practices. The findings suggest that fiqh al-bi’ah must be redefined as a dynamic ethical
theological framework capable of addressing the complexities of contemporary ecological issues. Moreover, regenerating the principles of fiqh al-bi’ah into the Adiwiyata program through
progressive Islamic Religious Education (PAI) approach is seen as a pedagogical medium with the potential to internalize religious values through transformative ecological practices. Furthermore, the collective involvement of educational actors by teachers, students, and the community is deemed essential for fostering ecological awareness grounded in Islamic spirituality and contextual local wisdom. As a concluding point, this effort should also be supported by a critical evaluation of
the program's implementation, integrating theological, pedagogical, and socio-ecological dimensions within the framework of a digital society. In essence, the findings of this study affirm that the effort to regenerate fiqh al-bi’ah requires a paradigm shift from a symbolic-normative
approach toward a praxis-transformative paradigm based on the integration of knowledge, religion, and the environment.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Fikih Al- Bi'ah; Pendidikan;Lingkungan
Subjects: Keislaman
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 30 Jun 2025 01:00
Last Modified: 30 Jun 2025 01:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5986

Actions (login required)

View Item View Item