Pengaruh Efektifitas Penggunaan Metode Mengajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya

Zakia, Zakia (1994) Pengaruh Efektifitas Penggunaan Metode Mengajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
140_ZAKIAH_NIM_8915005350_1994.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keberhasilan belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah mutu atau kualitas pengajaran. bermotif tidaknya suatu pengajaran tidak terlepas dari metode yang tepat/ efektif maka yang ingin dicapai oleh guru yaitu ingin agar siswanya paham apa yang diajarkan oleh guru tersebut, dapat tercapai.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana ke-aktifan menggunakan metode mengajar ditinjau dari hasil belajar siswa, dengan mengambil lokasi penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya.
Dukungan dan pengaruh antara penggunaan metode yang efektif dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya merupakan pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dengan harapan hasil penelitian ini berguna sebagai bahan informasi bagi pengelola dan pengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya.
Untuk mengkaji hubungan dan pengaruh serta tingkat pengaruhnya diuji dengan uji statistik korelasi produk moment dan regresi linier. Kemudian selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana hubungan dan pengaruh tersebut dikonfirmasikan ke T tabel.
Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan dokumenter. Sedangkan teknik pengambilan sampel penulis menggunakan teknik populasi dimana seluruh dewan guru diambil sebagai sampel, yaitu berjumlah 27 orang guru.
Dari hasil penelitian, perhitungan dan berdasarkan ketentuan, maka dinyatakan bahwa penggunaan metode mengajar yang efektif mempunyai pengaruh kepada hasil belajar siswa pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya. Dan dari hasil perhitungan maka penggunaan metode mengajar yang cukup efektif lebih dominan yaitu sebesar 66,7%. Sedangkan yang Sisanya adalah penggunaan metode yang efektif dan tidak efisien.
Selanjutnya untuk menguji atau mencari hubungan antara penggunaan metode yang efektif dengan prestasi belajar siswa dilakukan dengan nilai r produk moment yaitu didapat R = 0,502 dan terletak diantara 0,40-0,70 yang berarti mempunyai hubungan atau korelasi yang cukup pada taraf signifikansi 5%, T tabel sama dengan 2,06 sedangkan t hit yang diperoleh sama dengan 2,902 yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima.Sedangkan untuk mencari tingkat pengaruh antara penggunaan metode yang aktif dengan hasil belajar siswa dilakukan dengan mencari persamaan regresi linear diperoleh y = 0,925 + 0,82 X.
Kemudian diuji kelinerannya maka diperoleh F tabel DB 25 Dan dari hasil perhitungan diperoleh F lebih kecil daripada F tabel DB 24 = 13,45 dengan demikian berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima dengan kontribusi X terdapat y sebesar 14,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh efektifitas,metode mengajar,MTsN Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 00:22
Last Modified: 17 Jun 2025 05:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item View Item