Solekhan, Solekhan (1994) Studi Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Belajar Kelompok Dengan yang Belajar Individual pada SMS Negeri 1 Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
136_SOLEKHAN_NIM _8915005342_1994.pdf Download (12MB) |
Abstract
Belajar merupakan kewajiban bagi setiap siswa, baik selama dalam sekolah maupun setelah di luar sekolah. Selama belajar di sekolah, siswa dapat mengulangi pelajaran untuk memperdalam, mengerjakan PR atau tugas-tugas lainnya. Dalam belajar di luar sekolah ini terjadi perbedaan diantara siswa, ada siswa yang senang belajar kelompok dan ada siswa yang senang belajar Individual.
Belajar kelompok atau belajar individual di luar sekolah dapat dilakukan oleh siswa dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat dasar, menengah sampai ke perguruan tinggi. untuk tingkat menengah misalnya SMA Negeri 1 Palangkaraya.
Hasil sensus dari 460 siswa SMA Negeri 1 Palangkaraya kelas 1 dan 2 tahun ajaran 1993/ 1994 atau kelas 2 dan 3 tahun ajaran 1994/ 1995 yang membentuk belajar kelompok di luar sekolah sebanyak 255 siswa atau 55,4% dan yang di luar sekolah hanya belajar secara individual berjumlah 205 siswa atau 44,6%. Setelah dilakukan pengelompokan berdasarkan cara belajar dan bidang studi yang sama, untuk belajar kelompok sebanyak 38 siswa pada bidang studi matematika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kemudian untuk belajar individual diambil secara runtuh sebanyak 38 siswa. Jadi jumlah sampelnya sebanyak 76 siswa atau 16,5% dari 450 siswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa pada SMA Negeri 1 Palangkaraya dan untuk menguji Adakah perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar kelompok dengan yang belajar individual di SMA Negeri 1 Palangkaraya di luar sekolah pada semester genap tahun ajaran 1993/ 1994.
Untuk mengumpulkan data-data Dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian rumus yang digunakan yaitu rumus uji t test. setelah dilakukan pengujian dan dibandingkan dengan t tabel dengan derajat kebebasan 70 pada taraf signifikansi 5% dan 1% atau taraf kepercayaan 95% dan 99%.
Pada bidang studi matematika diperoleh Setelah diuji dengan taraf signifikansi 5% yaitu t hitung 2,196 lebih besar t tabel 2,00 didapatkan t hitung 2,196 lebih kecil T tabel 2,65. Dengan demikian maka terdapat perbedaan yang kurang berarti prestasi belajar siswa antara belajar kelompok dengan yang belajar individual dalam bidang studi matematika walau belajar kelompok prestasinya lebih tinggi atau lebih baik dari yang belajar Individual.
Kemudian untuk bidang studi bahasa Inggris hasilnya setelah dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% yaitu t hitung 7,61% adalah T hitung 2,65, Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang kurang berarti antara yang belajar kelompok dengan yang belajar individual dalam bidang studi bahasa Inggris, Walaupun belajar kelompok orientasinya lebih tinggi atau lebih baik daripada yang belajar Individual.
Selanjutnya untuk bidang studi bahasa Inggris, setelah dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% hasilnya t hitung 3,23 lebih besar t tabel 7,00 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu t hitung 3,23 lebih besar t tabel 2.65. maka dapat disimpulkan bahwa untuk bidang studi bahasa Indonesia terdapat perbedaan yang positif atau perbedaan yang berarti terhadap prestasi belajar siswa antara yang belajar kelompok dengan yang belajar Individual, dimana belajar kelompok prestasinya lebih tinggi atau lebih baik dari yang belajar Individual.
Sedangkan rata-rata dari bidang studi matematika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia hasilnya telah dikonsultasikan dengan taraf signifikansi t hitung 5,01% lebih besar dari tabel 2,00 dan dengan cara signifikansi satu persen yaitu t hitung 5,012 lebih besar dari tabel 2,65, Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang belajar kelompok dengan yang belajar individual dari rata-rata bidang studi matematika bahasa Inggris dan bahasa Indonesia di mana belajar kelompok prestasinya lebih tinggi atau lebih baik dari yang belajar Individual .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan prestasi,siswa,kelompok belajar,SMA Negeri 1 Palangkaray |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 00:32 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 05:36 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |