Sistem Penggunaan Alat Peraga Pendidikan Dan Motivasi Belajar Siswa Pengaruhnya Terhadap Presentasi Belajar Pada Madrasah Islamiyah Negeri (MTsN) Palangkaraya

Noordin, Noordin (1994) Sistem Penggunaan Alat Peraga Pendidikan Dan Motivasi Belajar Siswa Pengaruhnya Terhadap Presentasi Belajar Pada Madrasah Islamiyah Negeri (MTsN) Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
128_NOORDIN_NIM_8915005330_1994.pdf

Download (9MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri ( MTsN) Palangkaraya adalah salah satu lembaga pendidikan Islam Negeri tingkat pertama di Palangkaraya yang memiliki 29 orang tenaga pengajar guru semua bidang studi, mempunyai 559 orang siswa yang diatur dalam 14 lokal kelas.
Sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya juga menggunakan alat bantu pengajaran alat peraga dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswanya. Namun dalam pelaksanaannya ternyata tidak sepenuhnya alat peraga itu digunakan sebagaimana mestinya.
Berkaitan dengan masalah tersebut, maka yang menjadi masalah pokok dilakukan penelitian adalah bagaimana pengaruh sistem penggunaan alat peraga terhadap presentasi belajar siswa, bagaimana hubungan antara sistem penggunaan alat peraga dengan motivasi belajar siswa, bagaimana hubungan antara motivasi guru pengajar dengan prestasi belajar siswa baik yang menggunakan alat peraga ataupun tidak menggunakan alat peraga.
Populasi penelitian adalah 29 orang guru, sedangkan populasi siswa berjumlah 559 dengan mengambil sampel sebesar 25%, sehingga 140 orang.
Penggalian data adalah tentang sistem penggunaan alat peraga, motivasi belajar guru dan siswa, dan nilai prestasi belajar siswa.
Selanjutnya untuk menganalisis data tentang pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus regresi linier sederhana yang diperoleh nilai regresi antara variabel x dan variabel y sebesar 3%.
Kemudian untuk mengetahui hubungan antara sistem penggunaan alat peraga dengan motivasi belajar digunakan rumus korelasi R produk moment, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,230 korelasi rendah dan hipotesisnya berbunyi h a diterima sedangkan Ho ditolak.
hubungan antara motivasi guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa juga digunakan rumus korelasi R produk moment, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,429 korelasi cukup dan hipotesisnya berbunyi Ha diterima sedangkan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem, alat peraga,pendidikan siswa prestasi belajar,Mandrasah Tsanawiyah Negeri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:01
Last Modified: 17 Jun 2025 01:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item