Pengaruh Pengajaran Remedial Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab Mahasiswa Di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya

.AG, Farozdat (1994) Pengaruh Pengajaran Remedial Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab Mahasiswa Di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
116_FAROZDAT.AG_NIM_8915005312_1994.pdf

Download (10MB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa di perguruan tinggi, seperti; Bakat dan minat yang tinggi, sarana dan prasarana yang memadai, kemampuan awal, latar belakang yang mendukung, dan sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi pengajaran remedial bahasa Arab, korelasi dan pengaruh serta kontribusinya dalam meningkatkan penguasaan pengajaran remedial bahasa Arab mahasiswa di fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya.
Penelitian ini mengambil objek mahasiswa fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni sampai 15 September 1994 dengan teknik dokumentasi, observasi, tes, wawancara dan angket. Adapun populasi Penelitian adalah 231 orang mahasiswa ditambah dengan satu orang dosen dan mengambil sampel total terhadap populasi, dengan klasifikasi; penga berju, bahasa Arab 1 berjumlah 29 orang, bahasa Arab 2 berjumlah 68 orang, dan bahasa Arab 4 berjumlah 94 orang.
Klasifikasi pertama pengajaran remedia bahasa Arab berjumlah 40 orang mahasiswa dan satu orang dosen dianalisa secara kualitatif, dan hasilnya adalah; Bahwa dengan tidak diadakannya diagnosa entering penelaahan kembali terhadap hasil diagnosa, materi pelajaran yang kurang sistematis penggunaan metode yang kurang tepat, dan kurangnya persiapan dosen sebelum mengajar untuk waktu yang dipergunakan dengan baik maka pengajaran remedial bahasa Arab tersebut kurang efektif sehingga mempunyai konsekuensi logis terhadap penguasaan pengajaran remedial bahasa Arab mahasiswa, dengan hasil yang sangat kurang, dan pengajaran remedial bahasa Arab tersebut tidak mampu menjembatani para mahasiswa menuju kurikulum bahasa Arab 1 di fakultas tarbiayaan Antasari Palangkaraya.
Klasifikasi kedua bahasa Arab 1 berjumlah 29 orang dianalisa secara kuantitatif, dengan mencari hubungan dan pengaruh pengajaran remedial bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan bahasa Arab 1 untuk mencari hubungan, digunakan uji korelasi R, dengan hasil air = 0,88. Dan untuk mengetahui signifikansi korelasi hasil penelitian, maka diuji dengan t hitung, dan hasilnya t hitung lebih besar daripada T tabel dengan taraf signifikansi 1% atau taraf kepercayaan 99% the hit = 9,63 lebih besar daripada 2,77 = T tabel ini berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel x dengan variabel y. Untuk mencari pengaruh antara variabel x terhadap variabel y maka dipergunakan uji regresi linier, dan hasilnya adalah y = 1,1396 +( 6,728)X. Dan untuk mengetahui kelineran dan keberhasilan regresi maka diuji dengan mencari nilai F hitung dan hasilnya adalah hipotesa 1 koefisien arah regresi tidak berarti melawan koefisien arah Tapi berarti ditolak sebab es hitung sama dengan 89,169 lebih besar 6,258 = f tabel dan hipotesa 2 Ho persamaan regresi linier melawan tidak linier diterima sebabnya hitung sama dengan 0,497 lebih kecil 6,082 = F tabel dengan demikian persamaan regresi ini ternyata adanya dan signifikan. sedangkan kontribusi variabel x terhadap variabel y sebesar 76,76%.
Klasifikasi ketiga bahasa Arab 2 berjumlah 68 orang dianalisa dengan teknik uji korelasi dan hasilnya adalah R = 0,34. untuk si signifi signifikansi, maka dipergunakan Uji T hitung, dengan hasil teh hitung lebih besar daripada T tabel dengan taraf signifikansi 1% atau taraf kepercayaan 99% t hit = 2,94 lebih besar 2,65 = t tabel. Ini berarti ada korelasi yang signifikan antara variabel x dengan variabel y.
Klasifikasi keempat bahasa Arab 4 berjumlah 94 mahasiswa, dianalisa dengan teknik uji korelasi R dengan hasil 0,753. Untuk mengetahui signifikansi korelasi, maka dipergunakan Uji T hitung, dengan hasil t hitung lebih besar daripada tabel dengan cara signifikasi 1% atau dengan taraf kepercayaan 99% TH = 10,89 lebih besar 2,63 = t tabel. ini berarti ada korelasi yang signifikan antara variabel x dengan variabel y. Untuk mencari pengaruh antara variabel x terhadap variabel y maka dipergunakan teknik uji regresi, dan hasilnya adalah y = 23,9 + 0,68. Untuk mencari kelineran dan kebersihan degresi diuji dengan mencari nilai F hitung dengan hasil hipotesa 1 koefisien arah regresi tidak berarti melawan koefisien arah tetapi berarti ditolak sebab F hitung sama dengan 118,3 lebih besar 6,334 = f tabel, dan hipotesa 2 persamaan regresi linearnya melawan tidak linier diterima sebab e hitung sama dengan -2,044 lebih kecil 6,323 = F tabel. dengan demikian persamaan regresi ini nyata adanya dengan signifikan. sedangkan kontribusi variabel x terhadap variabel y sebesar 56,2% .
Dengan pembuktian hasil penelitian ini diharapkan kepada fakultas, dosen maupun mahasiswa untuk lebih meningkatkan tugasnya masing-masing dalam rangka mencapai kualitas yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh pengajaran,remedial,bahasa arab, mahasiswa Fakultas tarbiyah IAIN Antasi Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:19
Last Modified: 17 Jun 2025 01:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5923

Actions (login required)

View Item View Item