Studi Korelasi Antara Kopetensi Guru Mengelola kelas Dengan Minat Belajar Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala Kapuas

Tajudinnur, Tajudinnur (1996) Studi Korelasi Antara Kopetensi Guru Mengelola kelas Dengan Minat Belajar Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala Kapuas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
202_TAJUDINNUR_NIM_9015005455_1996.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kompetensi guru mengelola kelas merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap guru. Kompetensi guru mengelola kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang kondusif agar mampu menopang timbulnya niat belajar siswa dalam proses belajar mengajar guna mendukung tercapainya tujuan pengajaran secara optimal.
Minat belajar siswa merupakan salah satu bagian yang sangat berperan dalam menumbuhkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan memiliki minat belajar maka setiap siswa akan mudah mencerna dan memahami materi pelajaran yang diberikan. Timbulnya minat belajar siswa terhadap pelajaran di samping dipengaruhi oleh faktor dari dalam juga dipengaruhi oleh faktor dari luar. Dengan minat belajar siswa yang tinggi diharapkan mampu mendukung tercapainya tujuan mengajarkan secara optimal.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya korelasi dan pengaruh antara kompetensi guru mengelola kelas dengan minat belajar siswa pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala Kapuas. Dari hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk bahan informasi bagi berbagai pihak guna meningkatkan kualitas hasil belajar mengajar.
Hipotesa penelitian ini adalah ada korelasi positif antara kompetensi guru mengelola kelas dengan minat belajar siswa serta semakin baik guru mengelola kelas maka semakin baik minat belajar siswa pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala Kapuas.
Tabel penelitian ini adalah 14 orang guru dan 98 orang siswa. Sedangkan untuk penggalian data penulis menggunakan berbagai teknik yaitu dokumentasi, observasi wawancara dan angket. Setelah data terkumpul kemudian data disajikan dalam bentuk uraian dan tabel. Khusus dalam bentuk tabel dilanjutkan dengan menghitung jawaban responden berdasarkan analisa kualitatif untuk mencari tingkat kompetensi guru dalam mengelola kelas dan minat belajar siswa serta menganalisa secara kuantitatif dengan rumus korelasi kontingensi untuk mencari hubungan dan teh hitung untuk mencari signifikasi serta untuk mengetahui ada tidak pengaruh digunakan rumus regresi linear sederhana.
Dari hasil analisa kuantitatif diketahui bahwa nilai tertinggi yang dimiliki responden pada variabel kompetensi guru mengelola kelas adalah mereka yang berada pada kategori baik tinggi dengan presentasi sebesar 71,44% sedangkan nilai tertinggi responden pada variabel minat belajar siswa adalah mereka yang juga berada pada kategori baik tinggi dengan jumlah presentasi sebesar 81,22%. Dengan demikian terlihat bahwa kompetensi guru mengelola kelas dan minat belajar siswa pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala Kapuas berada pada kualifikasi baik/ tinggi.
Dari hasil analisa kuantitatif dengan mempergunakan rumus contingensi yang diambil dari skor kompetensi guru mengelola kelas dan minat belajar siswa pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala Kapuas diperoleh nilai 0 = 0,79 dan t hitung adalah 12,623, pada taraf kepercayaan 5% diperoleh nilai T tabel 1,98 dan pada taraf kepercayaan satu persen diperoleh nilai T tabel 2,63%. Jadi dapat disimpulkan bahwa antara kompetensi guru mengelola kelas dengan minat belajar siswa pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala kapua terdapat korelasi yang tinggi dan signifikasi.
Kemudian dari hasil uji regresi linear sederhana untuk mengetahui berpengaruh tidaknya kompetensi guru mengelola kelas terhadap minat belajar siswa pada Madrasah Aliyah Negeri Kuala Kapuas diperoleh nilai a = 0,871 dan b = 0,400, dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan y apabila X diketahui persamaannya, maka persamaannya adalah y = a + bX. jika x adalah 1 ,Maka y = 0,871 Plus 0,400(1) = 1,271, jika x adalah 2, maka y = 0,871 + 0,400(2) = 1,671
Dari hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai x maka semakin tinggi pula nilai y, dengan demikian dapat diketahui bahwa semakin baik komponen si guru dalam pengelola kelas maka semakin baik pula minat belajar siswa dengan kata lain kompetensi guru mengelola kelas berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada Madrasah Aliyah Kuala Kapuas.
Berdasarkan uraian di atas terbukti bahwa ada hubungan dan pengaruh antara kompetensi guru mengelola kelas dengan minat belajar siswa Madrasah Aliyah Kuala Kapuas. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak yang terkait agar lebih meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Korelasi,kopetnsi guru,minat belajar siswa,, MAN Kuala Kapuas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:38
Last Modified: 17 Jun 2025 01:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item