Septiah, Septiah (1996) Studi Korelasi Antara Sistem Mengajar Dengan Minat Siswa Mempelajari Mata Pelajaran Matematika Pada SMP Negeri Se-Kecamatan Selat Di Kota Kuala Kapuas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
193_SEPTIAH _NIM_9115011757_1996.pdf Download (12MB) |
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah ditentukan oleh beberapa faktor antara lain adalah sistem mengajar yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar dan minat siswa mempelajari mata pelajaran yang diajarkan.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Menulis merasa perlu mengadakan penelitian dengan judul; Studi korelasi antara sistem mengajar dengan minat siswa mempelajari mata pelajaran Matematika pada SMP Negeri se Kecamatan selat di kota Kuala Kapuas.
Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara sistem mengajar dengan minat siswa mempelajari pada pelajaran matematika. Sedangkan hasil penelitian ini diharapkan berguna sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan sistem mengajar yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar dan minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran matematika. Sedangkan respondennya adalah guru dan siswa.
Selanjutnya untuk melihat hubungan antara sistem mengajar dengan minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran matematika digunakan teknik korelasi koefisien kontingensi setelah diketahui nilai C atau kk-nya, Maka diubah menjadi PHP yang dikonsultasikan dengan R tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Kemudian untuk mengetahui signifikan atau tidaknya digunakan rumus t kemudian dikonsultasikan dengan t tabel, Pada taraf signifikasi 5% dan 1%. Kemudian untuk mengetahui signifikan atau tidaknya digunakan rumus stay hit kemudian dikonsultasikan dengan t tabel, pada taraf signifikansi 5% dan 1%.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan powerposit sampling yaitu teknik sampel didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui penulis. Kemudian penentuan siswa yang terpilih sebagai sambal pada kelas 1 dan 2, ditentukan dengan teknik random sampling sehingga semua siswa pada kelas 1 dan 2 mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel.
Jadi jumlah populasi untuk siswa berjumlah 1089 orang siswa. mengingat jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka besarnya sampel ditetapkan 10% dari masing-masing sekolah kelas 1 dan 2. Cuma sampel adalah 109 orang dari semua SMP Negeri se Kecamatan serat di kota Kuala Kapuas. Karena Guru yang dijadikan sampel kurang dari 100 orang maka jumlah guru sebanyak 11 orang tersebut langsung dijadikan sampel atau disebut sampel total.
Setelah dilakukan penelitian pada Cahu ke-2 dapat diketahui bahwa dari 11 orang guru sebagai sampel ada 6 orang 55% responden dapat dikategorikan baik sistem mengajarnya, sedang dari pada 5 res minatnya dalam mempelajari matematika.
Selanjutnya setelah dilakukan Pengujian Hipotesis didapat nilai C atau KK yang dirubah ke dalam phi nilainya yaitu; 0,196 kemudian dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikasi 5% nilainya 0,195 dan para signifikasi satu persen nilainya 0,254 setelah diketahui nilai Phi dan R tabel dapat diketahui bahwa nilai Phi lebih besar dari R tabel pada taraf signifikasi 5% 0,196 lebih besar 0,195. setelah diketahui nilai Phi kemudian dilanjutkan ke nilainya 2,067 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikasi 5% nilainya 1,98 dan taraf signifikasi 1% nilainya 2,63 ternyata nilai T lebih besar dari t tabel pada tahap signifikasi 5% yaitu 2,067 lebih besar daripada 1,98. artinya hipotesa tersebut dapat diterima, yaitu ada hubungan yang positif antara sistem mengajar dengan minat sisa mempelajari mata pelajaran matematika pada SMP Negeri se Kecamatan selat di kota Kuala Kapuas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi,sistem mengajar,minat siswa,matematika,SMPNegeri Se Selat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 01:48 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 01:48 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |