Soelistyowati, Wenny (1996) Peran Perpustakaan Keliling Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Sekolah Dasar Kecil (SDK) Marang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
188_WENNY SOELISTYOWATI_NIM_901505412_1996.pdf Download (9MB) |
Abstract
Mencerdaskan kehidupan seluruh warga negara adalah merupakan salah satu tugas pokok bangsa Indonesia yang harus direalisasikan, baik melalui jalur pendidikan sekolah maupun melalui jalur pendidikan luar sekolah seperti melalui layanan informasi dan pengetahuan yang disalurkan oleh perpustakaan.
Nama kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua daerah dan lembaga pendidikan sekolah mempunyai sarana perpustakaan yang dapat memberikan layanan informasi dan pengetahuan melalui berbagai bahan pustaka yang disalurkannya, hal ini terutama terjadi di daerah-daerah terpencil dan daerah pedalaman lainnya.
Menyadari kenyataan Demikian maka pemerintah melakukan upaya dan kebijakan melalui pengadaan program perpustakaan keliling yang bertujuan memberikan layanan bahan pustaka dan informasi kepada warga masyarakat yang tidak dapat menikmati jasa dari perpustakaan menetap dan bagi anak didik pada lembaga pendidikan sekolah yang masih belum memiliki sarana perpustakaan serta masih mempunyai kekurangan buku bahan bacaan lainnya.
Signifikansi penelitian ini dengan permasalahan di atas adalah keinginan untuk mengetahui apakah pelaksanaan program perpustakaan keliling telah terlaksana dengan baik dan apakah program tersebut mampu meningkatkan minat baca para siswa khususnya siswa SDK Semarang kota Palangkaraya.
Setelah peneliti dilakukan di SDK Malang dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan program perpustakaan keliling bila dilihat dari jumlah Kelurahan yang ada di wilayah kota madya Palangkaraya, maka pelaksanaan program perpustakaan keliling tersebut baru berhasil mencapai target 47,36%, sedangkan bila dilihat dari kunjungan perpustakaan keliling ke-20 pos layanan yang tersebar di 9 Kelurahan dalam wilayah Kotamadya Palangkaraya. Maka pelaksanaan program perpustakaan keliling tersebut telah terlaksana dengan baik. dimana kunjungan yang dilakukan oleh perpustakaan keliling pada setiap minggu berkisar antara 15 sampai 19 pos layanan 75-95%.
Di SDK marang pelaksanaan program kunjungan perpustakaan keliling masih belum terlaksana secara maksimal belum mencapai target kunjungan sebesar 100% Hal ini disebabkan beberapa faktor yang faktor internal; Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor internal kesibukan petugas dan alat transportasi yang kurang memadai. Serta Faktor internal Jadwal kunjungan yang berbenturan dengan jadwal ujian caturwulan dan libur caturwulan.
Adapun besarnya peranan perpustakaan keliling Terhadap Peningkatan minat baca siswa pada SDK Malang dapat dilihat dari adanya hubungan positif antara aktivitas pendistribusian bahan pustaka oleh perpustakaan keliling dengan intensitas penggunaan waktu baca oleh siswa SDK Malang, dimana pada taraf signifikan satu persen nilai T hidup lebih besar daripada nilai T tabel yaitu ; 4,25 lebih besar 2,76 hubungan positif tersebut adalah berada pada tingkat korelasi sedang 0,62.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran perpustakaan,minat baca,Sekolah Dasar Kecil(SDK) Marang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 01:54 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 01:54 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |