Sistem Kenaikan Pangkat Berdasarkan Angka Kredit dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Guru Pada Madrasah Se Kota Palangkaraya

Nuryaqin, Nuryaqin (1996) Sistem Kenaikan Pangkat Berdasarkan Angka Kredit dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Guru Pada Madrasah Se Kota Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
187_NURYAQIN_NIM 93315017509_1996.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam rangka upaya mencapai keberhasilan pendidikan sangat diperlukan disiplin guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan dan tata tertib yang berlaku. Untuk menciptakan sikap disiplin guru tentunya tidak terlepas dengan hak dan kewajiban guru sebagai Pegawai Negeri Sipil. Salah satu hak guru adalah memperoleh kenaikan pangkat sesuai dengan prestasi kerjanya. Sejak tahun 1989 kenaikan pangkat guru diatur melalui sistem angka kredit sesuai dengan SK Menpan nomor 26 tahun 1989, tentang angka kredit dan jabatan burung. Dengan peraturan ini guru tidak bisa naik pangkat kecuali memenuhi angka kredit dan persyaratan lain yang telah ditentukan.
Dari masalah inilah penelitian dilakukan dengan judul sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit dan pengaruhnya terhadap disiplin guru pada Madrasah sekota Palangkaraya. yang; Bagaimana penerapan sistem kenaikan pangkat guru, Bagaimana pelaksanaan disiplin guru, dan adakah pengaruh antara sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit dengan disiplin guru pada Madrasah Sekota Palangkaraya.
Berdasarkan pokok permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan ingin mengetahui; penerapan sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit, pelaksana, dan pengaruh sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit terhadap disiplin guru pada Madrasah second Palangkaraya. Adapun hipotesa yang penulis Kemukakan adalah ; ada pengaruh positif antara sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit dan disiplin guru pada Madrasah sekotia Palangkaraya.
Populasi Dalam penelitian ini adalah semua guru Negeri pada Madrasah sekotia Palangkaraya tahun ajaran 1995/ 1996 sebanyak 124 orang. Sedangkan sampelnya diambil 50% sama dengan 62 orang, dan penetapannya dilakukan dengan random sampling. Selanjutnya Apa bahan data yang digunakan terdiri dari data tertulis dan data tidak tertulis, sedang dilakukan dengan observasi, dokumenter, kuesioner dan wawancara. kemudian data yang berhasil dikumpulkan diolah melalui tahapan-tahapan meliputi editing, coating, dan Analiting.
Adapun hasil penelitian ini, berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit guru, rata-rata bernilai baik, sedangkan pelaksanaan disiplin guru, rata-rata bernilai baik, dan ada korelasi/ pengaruh positif antara sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit dengan disiplin guru setelah dianalisa dengan rumus produk moment di mana harga r x y = 0,147. Setelah dikonsultasikan pada tabel R, angka tersebut lebih besar daripada tabel R baik pada taraf signifikan satu persen 0,325 maupun pada taraf signifikan 5% 0,250. dan Setelah diuji dengan rumus t hitung diperoleh nilai T = 3,55. setelah dikonsultasikan dengan nilai T tabel ternyata angka tersebut juga lebih besar daripada T tabel, baik pada taraf signifikan satu persen 2,65 maupun pada tahap signifikan 5% 2,00.
Selanjutnya Setelah diuji dengan rumus regresi linier sederhana, menunjukkan bahwa semakin baik penerapan sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit, semakin baik pula pelaksanaan disiplin guru. Hasil perhitungannya harga A = -2,31 dan harga B = 0,18. maka jika x adalah 1 maka persamaannya adalah y = -2,31 Plus 0,18(1) = 2,13. jika x adalah 2 maka persamaannya adalah y = -2,31 + 0,18 (2) Sama dengan 2,26 dan jika x adalah 3 maka persamaannya adalah y = 2,31 + 0,18(3) = 6,39 dan seterusnya. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem kenaikan pangkat berdasarkan angka kredit mempunyai pengaruh positif terhadap disiplin guru pada Madrasah Sekota Palangkaraya.
Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi pihak yang berkompeten dapat meningkatkan disiplin kerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, demi keberhasilan pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem kenaikan pangkat,pengaruhnya,disiplin,sekota Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:55
Last Modified: 17 Jun 2025 01:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item