Pengaruh Pembinaan Kehidupan Beragama Terhadap Amallah Keagamaan Siswa Di Sekolah Umum Lingkungan Lembaga Pendidikan Maárip Nahdatul Ulama Palangkaraya

Norwili, Norwili (1996) Pengaruh Pembinaan Kehidupan Beragama Terhadap Amallah Keagamaan Siswa Di Sekolah Umum Lingkungan Lembaga Pendidikan Maárip Nahdatul Ulama Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
182_NORWILI_NIM_9115011726_1996.pdf

Download (11MB)

Abstract

SMP dan SMU NU Palangkaraya adalah salah satu sekolah umum yang menyelenggarakan pembinaan kehidupan beragama yang kemungkinan akan melahirkan Amaliah keagamaan siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. berkaitan dengan Hal inilah peneliti ini merupakan melihat ada tidaknya pengaruh pembinaan kehidupan beragama terhadap mamalia keagamaan siswa dengan harapan berguna bagi peningkatan mutu pembinaan kehidupan beragama khususnya di sekolah umum lingkungan lembaga pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Palangkaraya dan juga sekolah yang menyelenggarakan pembinaan kehidupan beragama.
Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan kehidupan beragama, Bagaimanakah Amaliah keagamaan siswa dan adakah pengaruh pembinaan kehidupan beragama terhadap mamalia keagamaan siswa dan bagaimanakah pengaruhnya. Adapun hipotesa yang diajukan berbunyi, ada pengaruh antara pembinaan kehidupan beragama terhadap mamalia keagamaan siswa dan semakin baik pembinaan kehidupan beragama maka akan semakin baik pula mamalia keagamaan siswa, dengan mengambil lokasi penelitian ini SMP dan SMU NU Palangkaraya.
Populasi Dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa SMP dan SMU NU Palangkaraya yang berjumlah 186 orang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 8 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 114 orang siswa SMP dan SMU NU Palangkaraya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Selain guru dan siswa sebagai responden kepala sekolah kepala tata usaha dijadikan sebagai informan. Sedangkan teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara, dokumentasi dan tes.
Untuk menguji pengaruh pembinaan kehidupan beragama terhadap mamalia keagamaan siswa digunakan rumus c h i kuadrat kemudian hasilnya diuji lagi dengan rumus koefisien korelasi counting gensi, setelah diketahui hasilnya dirubah lagi menjadi PHI. Kemudian untuk mengetahui signifikan hasil penelitian ini dicari nilai T hitung selanjutnya dibandingkan dengan t tabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan kehidupan beragama berada pada kategori cukup ini terbukti dari perhitungan yang dilakukan dengan prosentasi tertinggi 62,5%. Adapun mengenai Amalia keagamaan siswa juga berada pada kategori cukup. Hal ini terbukti dari perhitungan yang dilakukan dengan presentasi tertinggi yaitu 60,53%.
Mengenai pengaruh pelaksanaan pembinaan kehidupan beragama terhadap mamalia keagamaan siswa dinilai c atau KK 0,275 dan nilai tersebut dirubah menjadi phi kemudian didapat nilainya 0,286, yang berarti ada hubungan antara kehidupan beragama dengan Amalia keagamaan siswa. untuk melihat hubungan tersebut, meyakinkan atau tidak dilanjutkan dengan t hitung dan diperoleh nilainya 3,158 selanjutnya dibandingkan dengan t tabel, baik pada tahap signifikan 5% atau 1% ternyata nilai T hitung lebih besar t tabel 3,1508 lebih besar 1,95/ 2,63, yang berarti ada hubungan yang berarti antara pembinaan kehidupan beragama terhadap mamalia keagamaan siswa di sekolah umum lingkungan lembaga pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Palangkaraya.
Kemudian sebagai manakah pengaruh pembinaan kehidupan beragama terhadap mamalia keagamaan siswa menunjukkan hasil perhitungan regresi linear yang diperoleh persamaan regresinya Yaitu y = a + b(X) atau 1,77 + 0,13(X). Artinya Setiap kenaikan satu satuan X pembinaan kehidupan beragama atau sama dengan 1,9 dengan persamaan garis regresi tersebut dapat dinyatakan semakin baik pembinaan kehidupan beragama maka akan semakin baik pula Amalia keagamaan siswa dapat diterima. untuk itu disarankan agar kegiatan pembinaan kehidupan beragama di sekolah umum lingkungan lembaga pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Palangkaraya lebih ditingkatkan lagi. Sehingga akan lebih meningkat lagi Amaliah keagamaan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan,beragama,amallah keagamaan siswa,sekolah umum
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:01
Last Modified: 17 Jun 2025 02:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item