Hakim, Lukman nul (1996) StudiPerbandingan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru SLTP Di Lingkungan Lembaga Pendidikan Depag dan Depdikbud Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
172_LUKMAN NUL HAKIM_NIM_9015005381_1996.pdf Download (13MB) |
Abstract
Tugas supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan seorang supervisor dengan tujuan memperbaiki dan mengembangkan proses belajar mengajar secara menyeluruh.
Pelaksanaan tugas supervisi pendidikan pada SLTP di lingkungan lembaga pendidikan Depag dilaksanakan oleh supervisor dari Departemen Agama dan pada SLTP di lingkungan DEPDIKBUT Dilakukan oleh supervisor dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dengan kegiatan yang harus dilakukan sama yaitu perbaikan dan pengembangan proses belajar mengajar secara total.
Permasalahan yang timbul adalah; bagaimana pelaksanaan tugas supervisor pendidikan Pada SLTP di lingkungan departemen agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya? Bagaimana kemampuan mengajar Guru SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dan di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya? Apakah ada pengaruh pelaksanaan supervisi pendidikan terhadap kemampuan mengajar guru di lingkungan Departemen Agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya? Apakah ada perbedaan pengaruh pelaksanaan tugas supervisi Pendidikan terhadap kemampuan mengajar guru antara SLTP di lingkungan departemen agama dengan SLTP di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya.
Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dengan sementara penulis adalah; Ada perbedaan pelaksanaan tugas supervisi pendidikan antara SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dengan SLTP di lingkungan lembaga pendidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya. Ada perbedaan kemampuan mengajar guru SLTP di lingkungan departemen agama dengan kemampuan mengajar guru SLTP di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya. Ada pengaruh pelaksanaan tugas supervisi pendidikan dengan kemampuan mengajar guru pada SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dan di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya. Ada perbedaan pengaruh pelaksanaan tugas supervisi Pendidikan terhadap peningkatan kemampuan mengajar guru antara SLTP di lingkungan departemen agama dengan SLTP di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya.
Dalam mengkaji permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai adalah; ingin mengetahui pelaksanaan tugas supervisi pendidikan pada ltb di lingkungan departemen agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya, ingin mengetahui perbedaan pelaksanaan tugas supervisi pendidikan antara SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya.
Untuk mengetahui perbedaan pengaruh pelaksanaan tugas supervisi Pendidikan terhadap peningkatan kemampuan mengajar guru antara SLTP di lingkungan departemen agama dan SLTP Di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya.
Untuk mengetahui kebenaran hipotesis yang diajukan, maka dilakukan analisa data dengan objek penelitiannya guru-guru SLTP di lingkungan departemen agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya, dengan populasi sebanyak 265 orang guru, dan sampel sebesar 25% atau sebanyak 66 orang guru yang terdiri dari 17 orang guru sampai dari SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dan 49 orang guru sampel dari SLTP di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya. Data yang di handphone dari sampel diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan angket. lebih lanjut dianalisis dengan perhitungan Uji T.
Berdasarkan analisis diketahui bahwa; pelaksanaan tugas supervisi pendidikan pada SLTP lingkungan lembaga pendidikan Departemen Agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya terlaksana dengan baik. terdapat perbedaan pelaksanaan tugas supervisi pendidikan antara SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dengan SLTP di lingkungan lembaga pendidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya dengan hasil penelitian menunjukkan t hit sama dengan 30,022 lebih besar t tabel 5% = 2,000. guru-guru di lingkungan lembaga pendidikan Departemen Agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya memiliki kemampuan mengajar cukup baik. Terdapat perbedaan kemampuan mengajar antara guru-guru SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dengan guru-guru di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya, dengan hasil penelitian phi = 12,3 225 lebih besar t tabel 5% = 2,00. Terdapat pengaruh pelaksanaan tugas supervisi Pendidikan terhadap peningkatan kemampuan mengajar guru SLTP di lingkungan lembaga pendidikan departemen agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya, dengan hasil penelitian TNI sama dengan 37,2646 lebih besar t tabel 5% = 2,00. Terdapat perbedaan pengaruh pelaksanaan tugas supervisi Pendidikan terhadap peningkatan kemampuan mengajar guru antara SLTP departemen agama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya, dengan hasil penelitian diperoleh sama dengan 66 1344 lebih besar t tabel 5% = 1,980.
Berdasarkan hasil penelitian, disampaikan salam; hendaknya tenaga supervisi pendidikan Di kedua lembaga pendidikan antara Departemen Agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Palangkaraya dalam melaksanakan tugas supervisi pendidikan Melakukan koordinasi dan kerjasama yang bersifat saling melengkapi hendaknya dilakukan pembinaan dan pengembangan kemampuan mengajar guru secara terpadu dan terprogram antara guru SLTP departemen agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; tugas supervisi pendidikan hendaknya dilakukan secara terpadu dan menyeluruh sesuai dengan program, mengingat pelaksanaan tugasnya pendidikan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengajar guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tugas supervisi,perbedaan pelaksanaan tugas,kemampuan mengajar,Lebaga Depag dan Depdikbud |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:10 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:10 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |