Rusmiati, Rusmiati (1997) Studi Banding Efektifitas Mengajar Membaca Menulis Permulaan Bidang Studi Bahasa Indonesi antara Pendekatan SAS Dengan Konversional pada MIS Islamiyah dan II Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
235_RUSMIATI_ NIM_9015005411_1997.pdf Download (8MB) |
Abstract
Ketepatan mengajar tidak terlepas dari ketepatan guru mengajar dengan pendekatan sesuai dengan tujuan, Bahan keadaan siswa, terkait dengan intraksi komonikasi antara guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai hasil yang optimal srta melahirkan perbedaan proses dan hasil yang di capai, sehingga hipotesa yang di uji. Ada perbedaan efektifitas mengajar membaca menulis permasalahan bidang studi Bahasa Indonesia antara pendekatan SA dengan konfensional pada MIS Islamiyah I dan II Palangkaraya.
Penelitian ini dilakukan di MIS Islamiyah I dan MIS Islamiyah II Palangkaraya dengan populasi 2 Orang guru MIS Islamiah I dan 2 orang guru MIS Islamiah II dan 26 orang siswa MIS Islamiah I dan 36 orang siswa Mis Islamiyah II. Kemudian penentuan sampel untuk Pelajaran membaca menulis permulaan hanya di anjurkan di kelas I dan II. Sehingga terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas II MIS Islamiayah I dan MIS Islamiyah II yang masing-masing berjumlah 11 orang. Pengalian data digunakan dengan metode observasi,wawancara,documenter dan eksperimen dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di lakukan dua tahab uji coba. Tahap pertama kelas II MIS Islamiyah I atau kelas IIA pendekatan SAS sebagai kelas Uji dan MIS Islamiyah 19 atau kelas II b pendekatan konvensonal sebagai kelas control. Kemudian sebaliknya pada tahap kedua kelas II A diperlukan pendekatan konvensonal sebagai kelas controlnya. Pada kedua kelas tersebut dijadikan materi atau bahan Pelajaran dan diselesaikan alokasi waktu yang sama kecuali Teknik pendekatan yang berbeda. Kedua kelas tersebut dilakukandilakukan kegiatan eksperimen masing-masing 8 kali pendekatan SAS sebagai kelas uji dan 8 kali pendekatan KOnvensonal sebagai kelas control dalam PDM setiap kali pertemuan ada 3 jam Pelajaran.
Pada akhir penelitian ini di lakukan perhitungan untuk mengetahui keaktivan mengajar menggunakan antara dua pendekatan yang berbeda sehingga di[peroleh hasil diutamakan rata-rata skor nilai test formatif masing kelas.
SEtelah di lakukan perhitungan maka diperoleh mean variable X (pengajaran SAS) =69,81 dan nilai variable Y (pengajaran konvensonal) = 62,63. Nilai SE variable X=2,45 dan nilai SE variable Y=3,32. Nilai standar eror variable X dan nilai standar error vareabel Y apabila dikurangi maka diperoleh nilai 3,37. Maka nilai t observasi =2,13 dan dikonsultasikan pada t table pada taraf signifikan 5%=2,02, maka hipotesa di tolak berarti variable X dan Y terdapat perbedaan yang singnifikan dan hipotesa yang berbunyi ada perbedaan efektifitas mengajar membaca membaca menulis permulaan bidang studi Bahasa Indonesia antara pendekatan SAS dengan konvensonal pada MIS Islamiyah I dan MIS Islamiyah II Palangkaraya di terima dilihat dari rata-rata nilai test formatif, kemampuan siswa membaca dan keevektifan guru mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas mengajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:06 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:06 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |