Keaktifan Guru Pendidikan Agama Islam mengikuti pembinaan MGMP PAI dan pengaruhnya terhadap peningkatan kopetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar pada SLTP dan SLTA di Kotamadya Palangkaraya

Suryaningsih, Noorliani (1997) Keaktifan Guru Pendidikan Agama Islam mengikuti pembinaan MGMP PAI dan pengaruhnya terhadap peningkatan kopetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar pada SLTP dan SLTA di Kotamadya Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
230_NOOR HIDAYAH_NIM_9115011735_1997.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kegiatan pembinaan MGMP PAI dalam meningkatkan kopetensi mengajar guru PAI dalam proses belajar mengajar di SLTP dan SLTA di Kotamadya Palangkaraya (2) untuk mengetahui tingkat kemampuan guru PAI dalam menerapkan proses beIajar mengajar berdasarkan kompetensi guru. (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang berarti antara kegiatan pembinaan MGMP PAI terhadap peningkatan kopetensi guru PAI dalam proses belajar mengajar pada SLTP dan SLTA di Kotamadya Palangkaraya
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI yang akttf mengikuti kegiatan pembinaan MGMP PAI yang mengajar pada SLTP dan SLTA yaitu sebanyak 32 orang dan
sekaligus dijadikan sebagai responden. Karena Jumlahnya kurang dari 100, maka sampelnya digunakan sampeI total atau sensus.
Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan analisa data dioleh melalui tahapan tahapan editing, coding, tabulasi data dan analizing . Kemudian untuk menguji hipotesa digunakan perhitungan statistik korelasi Product Moment.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan MGMP PAI dalam mengeIoIa program belajar mengajar terlaksana dengan baik dimana diperoleh hasil rata-rata
secara teori sebesar( 12) Iebih keciI dari rata-rata hasil penelitian (17,156), kegiatan pembinaan MGMP PAI dalam mengelola kelas terlaksana kurang baik, dimana diperoleh hasil rata-rata secara teori sebesar (6) sedikit lebih kecil dari rata-rata hasil penelitian (6,0625), kegiatan pembinaan MGMP PAI dalam menggunakan media terlaksana kurang baik, dimana diperoleh hasil rata-rata secara teori sebesar (8) Iebih besar dari rata-rata hasil penelitian
(7,938), dan kegiatan pembinaan MGMP PAI dalam melakukan evaluasi terlaksana dengan baik, dimana diperoleh hasil rata-rata secara teorl sebesar (8) lebih kecil dari rata-rata hasil penelitian(10).
Sedangkan kegiatan pembinaan MGMP PAI secara menyeluruh terlaksana dengan baik, haI ini terlihat rata-rata secara teori sebesar (34) Iebih kecil dari rata-rata hasil penelitian sebesar(41,156).
Dari hasil penelitian ini juga menunjukkan tingkat kemampuan guru PAI menerapkan kompetensi guru mengelola program belajar mengajar telah terlaksna dengan baik,
dengan hasil penelitian Iebih besar dari rata-rata secara teori sebesar (14 > 19,5). Tingkat penerapan kompetensi guru mengelola kelas terlaksana dengan baik dimana rata-rata hasil penelitian lebih besar dari rata-rata secara teori sebesar (8 > 10,438), dan tingkat penerapan kompetensl guru menggunakan medla terlaksana dengan baik, dlmana rata-rata hasil penelitian lebih besar dari rata-rata secara teori sebesar (8 >9,875) dan tingkat penerapan kompetensi guru melakukan evaluasi terlaksana dengan baik, dimana rata-rata ideal jawaban lebih kecil dari hasil penelitian (12 > 15. 125). Sedangkan tingkat kemampuan guru PAI menerapkan pengajaran berdasarkan kompetensi guru secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik dimana rata-rata secara teori sebesar (42) lebih kecil dari rata-rata hasil peneiltian (54,906).
Mengenai hubungan atau korelasi antara kedua variabel yang diteliti, diperoleh hasil bahwa antara kegiatan pembinaan MGMP PAI terhadap peningkatan kompetensi guru PAI dalam proses belajar mengajar mempunyai hubungan yang positif. Hal ini terlihat bahwa r* hasil penelitian sebesar 0,592 lebih besar dari r table baik pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 % untuk n sebesar 32 yaitu 0,349 dan 0,449.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan MGMP
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:15
Last Modified: 17 Jun 2025 03:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item