Darmawati, Elyas (1997) Pengaruh Sistem Pelaksanaan Pendidikan Anak Dalam Ketuarga Terhadap Tingkah Laku Anak Di Sekolah ( Studi Pada Keluarga Pemulung Di Kelurahan langkai Dan Pahandut, Kotanadya Palangkaraya ). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
212_ELYAS DARMAWATI_NIM_9145011807_1997.pdf Download (12MB) |
Abstract
Keluarga merupakan lembaga pendldlkan Pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan dirL setiap anak. Setiap anak nenghabiskan sebagian waktunya bersama keluarga. Segala tingkah laku yang dllakukan oleh orang tua dalam keluarga dan Perbuatan yang dikenalkan kepada anak akan mempengaruhi kecenderungan tingkah laku anak seharl-harl. HaI inl merupakan hal yang waJar karena salah satu sifat dasar anak adalah suka meniru. Setlap keluarga menpunyal sistem nendidik sendlri, walau dalam Pengertian yang sederhana yaitu cara yang dlterapkan orang tua dalam nendidik anak-anaknya.
Sehubungan dengan ha1 tersebut, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui bagainana Pengaruh system pelaksanaan pendidikan anak kalangan keluarga pemulung terhadap tingka laku anak di sekolah dengan melakukan studi pada keluarga pemulung di Kelurahan Langkal dan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kotamadva Palangkaraya ' Hasil penelittan inl diharapkan berguna bagl kepentlnlan kemanusiaan dan bernanfaat bagi pthak-pihak yang berminat untuk me lakukan penelitian lebih laniut'
Untuk mengkaji pengaruh tsistem pelaksanaan pendidikan anak kalangan keluarga pemulung terhadap tingkah laku anak keluarga penulung dl sekolah, maka dlrimuskan Permasalahan Penellttan yaitu bagaimana sistem Pelaksanaan Pendidlkan anak kalangan keluarga penulung dl Kelurahan Langkai dan Pahandut, Kecamatan pahandut, Kotamadya Palangkaraya; bagaimana tingkah Iaku anak keluarga pemulung di sekolah; bagalmana hubungan antara sistem pelaksanaan pendidikan anak kalangan keluarga Penulung dengan tingkah laku anak keluarga pemulung dl sekolah; dan bagalmana pengaruh slstem pelaksanaan pendidikan anak kalangan keluarga pemulung terhadap tingkah laku anak keluarga pemulung di sekolah.
Populasi Penelitian lnl beriunlah 62 orang terdirl darl orang tua sebanyak 23 orang dan anak sebanyak 39 orang. Dari populasl tersebut diambll sebanvak 46 orang sebagai sampel, terdiri dari 23 responden orang tua pemulung dan 23 responden anak keluarga Pemulung. Untuk responden orang tua Pemulung peneliti menggunakan sampel total , dan untuk responden anak keluarga pemulung pengambilan sampelnya dilakukan melalui Teknik random sampling atas dasar strata yang proposional. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi wawancara, dan kuesoner.
Permasalahan pertama dan kedua dianalisa secara kualitatlf dengan menggunakan analisa domain, analisa taksonomi, analisa komponensial , dan analisa tema. Diketahul bahwa Jumlah responden orang tua pemulung yang menggunakan sistem pendidlkan kategori nl1ai
tinggi sebanyak 7 orang (30,4 %), kategori nilai sedang sebanyak 7 orang (30,4 %), dan kategori nilal
rendah sebanyak 9 orang (39,2 %).Jumlah responden anak keluarga pemulung yang termasuk kategorl tingkah laku baik sebanyak 6 anak (26,1 %, kategorl cukup baik sebanyak 12 anak (52,17 %), dan kategorl kurang sebanyak 5 anak (21,73 %) .
Permasalahan ketlga dan keempat dlanallsa secara kuantitatif menggunakan teknik Contingencv Coefflcient (C) yang selaniutnya di interpretasikan secara kasar/ sederhana dan menggunakan interpretasi t hitung; dan menggunakan regresi . Haslil penelitian menununjuukkan nilal Phi (0,431) dengan df = 22 lebih besar dari r table pada taraf siengnifikansi 5 % (0,4O4) dan lebih kecil dari r tabel pada taraf signifikansi 1 % (0,515)' Dengan denikian Pada taraf signiflkansi 5 % Ha diterima dan Ho ditotak, sedangkan Pada taraf slgnifikansl 1 % Ha ditolak dan Ho diterima. InterPretasi secara kasar menuniukkan bahwa nlIai Phi (O,431) berada dalam tlngkat korelasi sedang,/ culiupan. Interpretasl melalui t hitune diperoleh angka t httung sebesar 2,1895. Nilal
t tebel dengan df = 22 pada taraf ( slgnifikansi 5 %' = 2,07 dan pada taraf slgnifikansi ''1 % = 2,82-.Dengan demikian, pada taraf signifikansi 5 % memang terdapat korelasi posttif yang signifikan antara variabel X dan Y, dan pada taraf signifikansl 1 % memang tldak terdapat korelasl positif yang signifikan antara varlabel X dan Y. Berdasarkan harga Chi Kuadrat yang diperoleh^ (4,302) vang dikonsultasikan ke Tabel Harga kritik X2 dengan df = 4 diperoleh tingkat kepercavaan
50 % pada taraf sLgniflkansi 50 %. Jadi, baik tidaknva t tnekih laku anak keluarga Pemulung di sekolah memang ada hubungannya dengan,/ dipengaruhi oleh slstem pelaksanaan Pendidikan anak yang dllaksanakan orang tua pemulung dalam ketuarga, sekalipun korelasi positif itu hanya dalam tingkat sedang,/ cukupan dengan Tingkat kepereayaan 50 %.
Melalui Perhltungan regresi linier diperoleh angka absis sebesar 18,793 dan angka ordinat sebesar 2,274. Dengan demiklan diketahui titik koordinat X dan Y = (18;793 : 2,274). Artlnva, setiap kenaikan variabel X sebesar 18.793 akan diikuti oleh kenaikan variable Y sebesar 2,274.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh sistem pendidikan anak. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:58 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:58 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |