Pengaruh Pemahamam Ajaran Agama Hindu Kaharingan Tentang Pendidikan Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga Bagi Masyarakat Dayak Desa Nihan Hilir Kecamatan Lahe Kabupaten Barito

Budiansyah, Budiansyah (1997) Pengaruh Pemahamam Ajaran Agama Hindu Kaharingan Tentang Pendidikan Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga Bagi Masyarakat Dayak Desa Nihan Hilir Kecamatan Lahe Kabupaten Barito. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
209_BUDIANSYAH_NIM_9002005472_1997.pdf

Download (18MB)

Abstract

Agama Hindu Kaharingan merupakan agama yang dianut Masyarakat Dayak sebagai Masyarakat asli yang mendiami pulau Kalimantan termasuk Kalimantan Tengah dengan pola kehidupan masih tradisonal dan relatif terbelakang, sebagaimana terjadi pada Masyarakat pedesaan umumnya yang belum terjamah sepenuhnya oleh alat transportasi dan komonikasi. KOndisi demikian menuntut mereka untuk memperbaiki kehidupan dengan selalu berpedoman pada ajaran agama. Salahsatu Langkah perbaikan tersebut tentunta melalui kegiatan Pendidikan yang di berikan kepada anak baik Pendidikan yang didasari dari pemahaman dari ajaran agama tentang, Pendidikan, baik Pendidikan itu terkait dengan Pendidikan etika, keagamaan maupun Pendidikan sekolah yang menjadi tolak ukur baik tidaknya kehidupan seseorang. Namunapakah hal tersebut sudah mereka lakukan dan apakah usaha serta kegiatan tersebut terkait pula dengan pemehaman mereka terhadap ajaran Agama Hindu Kaharingan tentang Pendidikan, tentu, menarik untuk di teliti.
Oleh karna itu skripsi ini mengetengahkan pokok permasalahan bagaimana pengaruh pemahaman orang tua mengenai ajaran Agama Hindu Kaharingan tentang Pendidikan terhadap pelaksanaan Pendidikan anak di lingkungan keluarga Masyarakat Dayak di Desa Nihan Hilir Kecamatan Lahe Kabupaten Barito Utara.
Adapun kegunaan penelitian ini sebagai bahan informasi kepada pihak lain yang terkait untuk senantiasa memberikan motivasi Pendidikan kepada anak sebagai Upaya peningkatan kualitas Pendidikan anak dan merupakan wujud pelaksanaan pemahaman ajaran agama.
Sedangkan hipotesis yang diajukan ada hubungan antara pemahaman orang tua mengenai ajaran Agama Hindu Kaharingan tentang, Pendidikan dengan pelaksanaanpendidikan anak di Lingkungan keluarga bagi Masyarakat Dayak Desa Nihan Hilir Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara yang meliputi pelaksanaan Pendidikan anak dalam keluarga dan pelaksanaan bimbingan belajar anak di rumah tangga bagi keberhasilan Pendidikan anak disekolah serta ada pengaruh pemahaman orang tua mengenai ajaran Agama Hindu Kaharingan tentang Pendidikan terhadap pelaksanaan Pendidikan anak di Lingkungan keluarga bagi Masyarakat Dayak Desa Nihan Hilir Kecamatan Lahe Kabupaten Barito Utara yang meliputi pelaksanaan Pendidikan anak dalam keluarga dan pelaksanaan bimbingan belajar anak di rumah tangga bagi keberhasilan Pendidikan anak di sekolah.
Populasi penelitian adalah orangtua (Kepala keluarga) beragama Hindu Kaharingan, pada tahapan pertama peneliti menentukan sampel menggunakan Teknik Purposive sampling dengan tujuan tertentu yaitu orangtua beragama Hindu Kaharingan yang memiliki anak bersekolah SD,SLTP dan SLTA mengigat materi pembahasan ini berlaku untuk orang tua sebagaimana diatas berjumlah 133 orang , karena jumlah tersebut cukup bayak peneliti mengambil sampel sebanyak 26% atau berjumlah 35 orang sedangkan anak, tokoh agama dan guru agama Hindu Kaharingan di Desa Nihin Hilir Kecamatan lahei Kabupaten Barito Utara sebagai informan kemudian dalam pada tahap dua peneliti menggunakan Insidental Sampling dalam menggali data mengingat subjek yang di jadikan responden kadang -kadang sulit untuk ditemui karena tergantung dari kondisi kehidupan mereka, sehingga dalam penggalian data peneliti menghubungi responden yang mudah ditemui hingga mencapai jumlah yang di tetapkan tetapi masih dalam kelompok sampel tahan pertama.
Untuk menguji hipotesa hubungan digunakan rumus statistic product moment yang dilanjutkan dengan uji t-hit. Kemudian untuk menguji pengaruh digunakan rumus regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada hubungan yang kuat atau tinggi antara pemahaman orangtua tentang pemehaman ajaran agama dengan pelaksanaan Pendidikan anak dengan nilai r =0,84 karena berada dalam table interprestasi antara 0,70 -0,90 , setelah di uji dengan T -hit pada taraf sgnifikan 5% (2,03) maupun pada taraf signifikan 1% (2,72) maka ddapat bahwa t-hit (8,89) lebih besar dari t -tabel pada taraf signifikan 5% (2,03) maupun pada taraf singnifikan 1% (2,72) utu menunjukan bahwa hubungan kedua variable dapat di terima dan mempunyai hubungan positif yang sgnifikan (2.a) ada hubungan antara pemahaman orangtua tentang ajaran agama terhadap pelaksanaan Pendidikan dalam rumah tangga dengan nilai r =0,57 yangberarti hubungan tersebut sedang/cukupan karena berada pada table interpretasi antara 0,40-0,70 setelah di uji dengan t-hit pada taraf sgnifikan 5% (2,03) maupun taraf signifikan 1% (2,72) maka didapat bahwa t-hit (3,98) lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikan 5% (2,03) maupun taraf signifikan 1% (2,72) itu menunjukan bahwa hubungan keduanya variable dapat diterima dan mempunyai hubungan positif yang signifikan. (2.b) .Ada hubungan antara pemahaman orangtua tentang ajaran agama dengan pelaksanaan bimbingan belajar anak dirumah tangga bagi keberhasilan Pendidikan di sekolah Dimana nilai r=0,38 yang berarti hubungan tersebut rendah karena berada pada table interprotasi antara 0,20 -0,40, setelah di uji dengan rumus t-hit pada taraf signifikan 5% (2,03) dan taraf 1% (2,72) maka di dapat bahwa t-hit (2,55) lebih besar dari t-babel pada taraf signifikan 5% (2,03) dan lebih kecil padataraf signifikan 1% (2,72) itupun menunjukan bahwa hubungan kedua vareabel dapat diterima pada taraf signifikan 5%(2.03) tetapi ditolak pada taraf signifikan 1% (2,72).
Sedangkan melalui uji regresi linier sederhana , hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh pemahaman orang tua tentang ajaran agama terhadap pelaksanaan Pendidikan anak di Lingkungan keluarga Dimana didapat nilai perumusan regresi Y=0,05 +0,89 X yang berati bahwa kenaikan satu satuan X akan menyebabkan kenaikan menyebabkan kenaikan satu satuan Y=0,94 mempunyai pengaruh positif. (2.a) ada pengaruh antara pemahaman orangtua tentang ajaran agama terhadap pelaksanaan Pendidikan anak dalam keluarga Dimana didapat nilai persamaan regresi Y = - 0,19 +0,64 X yangberarti bahwa setiap kenaikan satuan satuan X akan menyebabkan kenaikan satu satuan Y=0,45 yang berarti positif. (2.b) adapengaruh pemahaman orangtua tentang ajaran agama terhadap pelaksanaan bimbingan belajar anak di rumah tangga bagi keberhasilan Pendidikan anak disekolah Dimana didapati persamaan nilai regresi Y = 2,19 + 1,09 X yang mempunyai arti bahwa setiap kenaikan satu satuan X akan menyebabkan kenaikan satuan Y= 2,28 yang bernilai positif.
Dari hasil uji diatas berarti bahwa ada pengaruh antara pemehaman orangtua tentang ajaran agama terhadap pelaksanaan Pendidikan anak di Lingkungan keluarga bagi Masyarakat Dayak Desa Nihan Hilir Kecamatan Lahei Kabupaten Narito Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh pemahaman ajaran Agama Hindu kaharingan.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:11
Last Modified: 17 Jun 2025 04:11
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item View Item