Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016

Helda, Helda (2016) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penilaian standar sebelumnya di ketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Jannah pada mata pelajaran biologi umumnya belum mencapai nilai KKM klasikal misalnya pada materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan. Hal itu disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berakibat tidak maksimalnya hasil belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Konsep pada materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional Di Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Konsep pada materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan purposive sampling, Pretes-Postes Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 1 MTs Miftahul Jannah Palangka Raya Tahun Pelajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas VIIIA berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: berdasarkan analisis hipotesis pada posttest hasil belajar kognitif menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model konvensional di kelas kontrol dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Konsep di kelas eksperimen, dengan nilai signifikansi posttest 0,00<0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

ABSTRACT

The prior standards of objective assessment are known that the results of student at VIII class in MTs Miftahul Jannah on the subjects of biology in general have not reached the classical KKM, for example in the topic of contexture and function of plant body. It was caused by the low level of students' understanding of the subject matter. In addition, learning centered on teachers and the lack of activity of students in the learning process does not result in maximum learning outcomes. Therefore, the efforts were made to see the effect of the use of cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) Using Concept Maps on the topic of contexture and function of plant body on student learning outcomes compared to conventional learning at VIII class in MTs Miftahul Jannah Palangka raya. The study aims to determinethe Effect of Cooperative Learning Model Student Team Achievement Division (STAD) Using Concept Maps on the topic of contexture and Function of Plant Body on student learning outcomes.

The research belongs to quasi-experimental research design with the purposive sampling, pretest-posttest Non-Equivalent Control Group Design. The instrument used was a test of cognitive learning outcomes of students. The population of study was VIII class in MTs Miftahul JannahPalangka Raya on first semester 2015/2016 academic year, the sample of study was VIIIA class, amount 26 students as an experimental group and VIIIB class amount 26 students as a control group.

Based on the analysis of the hypothesis at posttest, cognitive achievement. The results showed that there were significant differences between students who are taught by the conventional model in control class and the students taught by cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) using concept Maps in the experimental class, with significant value in posttest 0.00 <0.05, Ha Ho accepted and rejected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif; pembelajaran tipe STAD; peta konsep; hasil belajar; materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan.
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:09
Last Modified: 13 Jun 2017 03:09
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item