Pengaruh Masa Kerja Guru Terhadap Kemampuan Melaksanakan Evaluasi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Sdn Se Kelurahan Langkai Palangkaraya

Daud, Sintje (1998) Pengaruh Masa Kerja Guru Terhadap Kemampuan Melaksanakan Evaluasi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Sdn Se Kelurahan Langkai Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
316_SINTJE DAUD_9215014450_1998.pdf

Download (8MB)

Abstract

Masa kerja guru adalah waktu yang telah dilalui oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik sejak awal mulai bekerja pada lembaga pendidikan tertentu sampai dengan sekarang, atau lamanya guru yang bersangkutan telah bertugas mengajar sebagai guru. Masa kerja guru dibagi menjadi dua yaitu: masa kerja guru dari 12 tahun ke atas disebut guru senior. Masa kerja guru kurang dari 12 tahun disebut guru yunior.

Kemampuan melaksanakan evaluasi adalah kesanggupan guru dalam menyusun, melaksanakan, mengevaluasi program pengajaran dan memberi arahan untuk menindak lanjuti tugas pokoknya sebagai guru sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Adapun kemampuan melaksanakan evaluasi dalam penelitian ini adalah bidang studi pendidikan Agama Islam.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masa kerja guru, bagaimana kemampuan melaksanakan evaluasi, belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. apakah ada hubungan masa kerja guru dengan kemampuan melaksanakan evaluasi belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dan apakah ada pengaruh masa kerja guru terhadap kemampuan melaksanakan evaluasi belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SDN se Kelurahan Langkai Palangkaraya.

Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 orang guru Pendidikan Agama Islam. Dalam penarikan sampel ini digunakan tehnik sampel total. Sedangkan untuk mengumpulkan data digunakan tehnik dokumentasi, observasi, wawancara dan angket.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa masa kerja guru Pendidikan Agama Islam di SDN se Kelurahan Langkai tergolong tinggi (83.33%). Sedangkan kemampuan melaksanakan evaluasi belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SDN se Kelurahan Langkai Palangkaraya tergolong sedang atau cukup (54.17%). Dalam uji hipotesa digunakan rumus korelasi product Moment diperoleh nilai "T" 0.43 korelasi cukup. Tahap berikut untuk mengetahui signifikansinya hasil perhitungan digunakan rumus t hitung, yaitu t hitung 2,23 lebih besar dari 1 tabel pada taraf signifikansi 5% 2,07. Jadi dapat disimpulkan bahwa masa kerja guru dengan kemampuan melaksanakan evaluasi belajar mengajar Pendidikan Agama Islam terdapat korelasi yang signifikan.

Kemudian untuk menguji hipotesa yang kedua, digunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh a 0,75 dan b 0,61. Dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan Y apabila X diketahui persamaannya. Persamaannya adalah Ya + bХ. Jika X adalah 1, maka Y 0,75+0,61 (1) 1.36 jika X adalah 2. Maka Y 0.75 + 0.61 (2) 1,97 dan seterusnya.
Maka berarti setiap kenaikan satu-satuan nilai pada variabel X terjadi pula pada variabel Y. Sehingga antara masa kerja guru dengan kemampuan melaksanakan evaluasi belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SDN se Kelurahan Langkai Palangkaraya mempunyai pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi belajar mengajar, Masa kerja guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:28
Last Modified: 13 Feb 2025 07:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5764

Actions (login required)

View Item View Item