Studi Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Dengan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Mtsn Mulawarman Banjarmasin

Sholehah, Sholehah (1998) Studi Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Dengan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Mtsn Mulawarman Banjarmasin. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
315_SHOLEHAH_9215014448_1998.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Keluarga yang merupakan bagian terkecil dalam suatu masyarakat mempunyai peranan yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Untuk menunjang keberhasilan pendidikan dilingkungan keluarga, orang tua perlu memberikan perhatian terhadap kemajuan pendidikan anak, baik perhatian itu langsung diberikan kepada anak maupun dengan cara tidak langsung sebagai upaya orang tua memberikan dorongan kepada anak agar menjadikan pendidikan anak semakin maju. Pemberian perhatian dalam kegiatan belajar anak tentunya terkait juga dengan tanggung jawab orang tua memberikan perhatian terhadap pendidikan agama anak di sekolah sebagaimana yang terdapat pada orang tua yang memiliki anak bersekolah di MTsN Mulawarman Banjarmasin agar anak lebih giat mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Di samping itu bahwa perhatian yang diberikan orang tua merupakan suatu upaya agar anak mau melakukan suatu aktivitas belajar di sekolah dengan baik sebagaimana yang diharapkan oleh orang tua. Dengan demikian peran serta orang tua dalam memberikan perhatian sekaligus sebagai pendidik pertama dan utama diharapkan dapat mendorong terhadap aktivitas belajar anak, terutama sekali dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah yang meliputi Bahasa Arab, Al Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqh dan Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dianggap penting mengingat pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan landasan moral, etik dan spritual yang kuat untuk pembangunan bangsa.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perhatian yang diberikan orang tua terhadap aktivitas belajar anak, aktivitas belajar anak dalam mata pelajaran P'Al serta hubungan antara perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar anak dalam mata pelajaran PAI pada MTsN Mulawarman Banjarmasin, Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 53 orang tua sebagai responden serta 53 orang anak sebagai informan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini digali melalui teknik dokumenter, observasi, wawancara dan angket.
Dari hasil perhitungan korelasi Product Moment diperoleh harga rXY =0,74 berada diantara 0,700,90 diinterpretasikan tinggi/kuat. Kemudian darit hit 7,85 t tabel pada taraf signifikan 5% 2,01 dan pada taraf signifikan 1% 2,68. Sehingga dari perhitungan ini dapat dinyatakan ada hubungan positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan aktivitas belajar anak dalam mata pelajaran PAL. Selanjutnya dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh harga a 4,194 dan b = 0,416 dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan pada Y apabila X diketahui persamaannya adalah Ya + b (X), jika X adalah 1 maka Y = 4,194+0,416 (1) 4,61. Jika X adalah 2 maka Y 4,194 +0,416 (2) 5,026. Jika X adalah 3 maka Y 4,194 0,416 (3) 5,442. Dari perhitungan ini dapat dinyatakan setiap kenaikan angka X akan diikuti kenaikan pada Y. yang berarti semakin tinggi perhatian yang diberikan orang tua maka semakin tinggi aktivitas belajar anak dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga hipotesa yang berbunyi ada korelasi antara perhatian yang diberikan orang tua terhadap aktivitas belajar anak dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTsN Mulawarman Banjarmasin.

Dengan terbuktinya hipotesa dalam penelitian ini diharapkan bagi sekolah kiranya selalu menghimbau orang tua untuk tetap memberikan perhatian terhadap aktivitas belajar anak.

Berdasarkan hasil penelitian di atas terlihat bahwa semakin tinggi perhatian yang diberikan orang tua maka semakin tinggi aktivitas belajar anak dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAI, Aktifitas belajar, Pendidikan keluarga
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:11
Last Modified: 13 Feb 2025 07:11
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5763

Actions (login required)

View Item View Item