Studi Perbandingan Bimbingan Belajar Anak Dalam Rumah Tangga Antara Orang Tua Yang Berlatar Belakang Pekerjaan Guru Dengan Karyawan Administrasi Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pada Min Palangkaraya

Pauziah, Pauziah (1998) Studi Perbandingan Bimbingan Belajar Anak Dalam Rumah Tangga Antara Orang Tua Yang Berlatar Belakang Pekerjaan Guru Dengan Karyawan Administrasi Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pada Min Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
303_PAUZIAH_9015005456_1998.pdf

Download (6MB)

Abstract

Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab atas pendidikan keluarganya, terutama sekali masalah pendidikan putera-puterinya di rumah. Salah satu pendidikan tersebut adalah membiasakan anak-anak belajar serta membimbingnya.

Membimbing anak-anak belajar di rumah memerlukan beberapa sarana. Adapun sarana kegiatan bimbingan belajar tersebut adalah: menyediakan fasilitas belajar yaitu berupa kamar khusus, meja belajar dan buku-buku pelajaran, mengawasi kegiatan anak belajar, mengawasi penggunaan waktu belajar, mengenal kesulitan-kesulitan anak dalam belajar, serta menolong anak mengatasi kesulitan dalam belajar.

Dalam kegiatan bimbingan belajar, kemampuan dan ketrampilan orang tua sangat perlukan. Terutama sekali bagi orang tua yang mempunyai latar belakang pekerjaan sehari-harinya sebagai guru, akan memudahkan dalam penerapan kegiatan bimbingan dan lain halnya dengan orang tua yang pekerjaan sehari-harinya adalah sebagai karyawan kantor tertentu. dalam penerapan kegiatan bimbingan akan terasa sulit.

Hal tersebut jelas sekali tergambar bahwa tujuan dari penulisan judul di atas sekaligus permasalahannya adalah ingin membandingkan bimbingan antara keduanya dan ingin mengetahui apakah antara bimbingan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar anak.

Untuk menjawab permasalahan tersebut sekaligus memenuhi tujuan yang dicapai, dikumpulkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara; dokumentasi dan angket. Dan respondennya sebanyak 24 orang sekaligus sebagai populasi
Dari data yang terkumpul dapat diperoleh melalui rata-rata interval skoring yaitu skor untuk bimbingan yang dilakukan oleh orang yang berlatar belakang pekerjaan guru 2,30 dikategorikan sedang. Sedangkan bimbingan yang dilakukan oleh orang tua yang berlatar belakang pekerjaan karyawan adalah 1,99 dikategorikan sedang Dan untuk mengetahui perbandingan bimbingan antara keduanya digunakan rumus t, atau est sehingga diperoleh skor sebesar 1,94. Hal tersebut menunjukkan tidak ada perbandingan antara bimbingan belajar anak yang orang tuanya berlatar belakang pekerjaan guru dan karyawan.

Kemudian untuk mengetahui pengaruh digunakan rumus korelasi product moment dan r diperoleh sebesar 0,14. Korelasi menunjukkan variabel x dan variabel y terdapat korelasi yang sangat rendah atau bisa dianggap tidak ada korelasi antara variabel x dan variabel y.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar, Pofesi orang tau siswa, Keterampilan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:29
Last Modified: 07 Feb 2025 07:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item