Pembelajaran dengan model inquiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar materi fotosintesis siswa Kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya tahun 2015/2016

Ramadayani, Aprilia (2016) Pembelajaran dengan model inquiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar materi fotosintesis siswa Kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya tahun 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak A.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA terpadu mata pelajaran biologi di MTs Muslimat NU sampai saat ini masih menggunakan metode konvensional, proses belajar mengajar masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa tidak aktif dan kurang mengajarkan siswa di dalam proses berpikir untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kerja ilmiah, sehingga perlunya pembelajaran yang dapat menghubungkan konsep dengan kehidupan sehari-hari yaitu melalui inkuiri. Konsep fotosintesis dipilih sebagai materi yang digunakan karena diharapkan dengan keterampilan proses sains dapat menghubungkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari, sehingga konsep fotosintesis dapat dipahami dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran oleh guru dalam proses belajar mengajar, untuk mengetahui keterampilan proses sains dasar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fotosintesis.

Jenis peneletian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, desain peneletian menggunakan tes awal dan tes akhir satu kelompok (The One Pretest-Postest) dan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Muslimat NU Palangka Raya dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengelolaan pembelajaran, lembar observasi dan hasil belajar keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan penilaian pengelolaan kelas, lembar observasi KPS siswa dan uji normal N-gain.

Hasil penelitian bahwa Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap materi fotosintesis pada kelas VIII A Mts Muslimat NU mempunyai nilai rata-rata sebesar 2,94 dengan kategori baik, persentase penelaian keterampilan proses sains siswa mempunyai nilai rata-rata sebesar 62,8% dengan kategori sedang, serta setelah penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata pretes 42,47 dan postes 76,48 serta nilai rata-rata N-gain sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dapat dikatakan berhasil.

ABSTRACT

Learning is a process of delivering knowledge by educators to students who do consciously to achieve educational objectives.In general, learning in school is still centered on the teacher (teacher centered).Learning that can familiarize students actively in learning by using inquiry learning model. Inquiry is a learning model that seeks to instill the basics of scientific thinking to students, so that students are mostly learning by their self, they are able to develop creativity in understanding the concepts and solve problems.Science process skills are physical and mental skills that include cognitive, affective and psychomotor aspect that can be applied in a scientific activity to provide an opportunity for students to be actively involved in learning.The concept of photosynthesis selected as the material is used because it is expected by the science process skills can connect directly in everyday life, so the concept of photosynthesis can be well understood. This research aims to determine the management of learning by the teacher in the learning process, to know the basic science process skills of students and to determine student learning results after using guided inquiry learning model on thephotosynthesismatter.

This research used descriptive qualitative approach, It was designed by using initial test and final test of the group (The One Pretest-Posttest) and the research subjects are students of grade VIIIA MTs Muslimat NU Palangka Raya with the number of students 31 people.The data collection techniques were the learning management sheets, observation sheets and the results of student learning science process skills. Data analyses were classroom management assessment, observation sheets KPS students and normal N-gain test.

The research concludes that the learning management using guided inquiry learning model of the material photosynthesis in grade VIII A Mts Muslimat NU have an average value of 2.94 with both categories, the percentage of science process skills assessment of students have an average value of 62.8% with medium category,and after implementing learning models can improve cognitive achievement of students with average pretest posttest 42.47 and 76.48 and the average value of the N-gain of 0.59 with the medium category.This indicates that implementing guided inquiry learning model of the science process skills and student learning outcomes can be said to be successful.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modelinkuiri terbimbing; keterampilan proses sains;hasil belajar, pengelolaan pembelajaran; fotosintesis; pendidikan biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060113 Synthetic Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 12 Jun 2017 07:13
Last Modified: 12 Jun 2017 07:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item