Studi Tentang Sistem Pengelolaan Administrasi Kesiswaan Pada Mis Di Kelurahan Pahandut Palangka Raya

Maulidah, Maulidah (1998) Studi Tentang Sistem Pengelolaan Administrasi Kesiswaan Pada Mis Di Kelurahan Pahandut Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
287_MAULIDAH_9215014354_1998.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pelaksanaan administrasi pendidikan di madrasah, merupakan suatu aktivitas yang sangat penting, karena berfungsi untuk mengarahkan dan mendayagunakan sekaligus melakukan pengaturan dan penertiban semua kegiatan pendidikan dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan. Oleh karena itu harus selalu dilaksanakan dan ditata dengan baik dan teratur. Melihat betapa pentingnya administrasi madrasah sebagai alat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di madrasah, maka Kepala Madrasah bertanggung jawab dalam penyelenggaraan administrasi tidak terkecuali administrasi kesiswaan.

Dalam pengelolaan administrasi kesiswaan Kepala Madrasah sebagai administrator di madrasah sudah seharusnya mendaya gunakan segenap potensi yang dimiliki madrasah seperti guru dan pegawai TU. Sebab apabila pengaturan murid di madrasah bisa secara baik dan berdaya guna, maka akan dapat membantu semua staf dan para guru dalam melaksanakan kegiatan lainnya.

Keberhasilan dan kelancaran adminsitrasi kesiswaan dalam mencapai tujuan pendidikan disamping terkait dengan pengaturan dan pengelolaan yang baik, mestinya juga didukung dengan tanaga-tenaga spesialis yang tersedia dana yang cukup, begitu juga kelengkapan sarananya.

Namun apakah pada ke-6 MIS di Kelurahan Pahandut Palangkaraya telah melaksanakan sistem pengelolaan administrasi kesiswaan yang baik serta telah didukung dengan berbagai fasilitas penunjang merupakan permasalahan yang harus diteliti, karena dari hasil penelitian dimaksud dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut.

Berdasarkan hal di atas, maka permasalahan pokok dalam penelitian adalah mengenai sistem pengelolaan administrasi kesiswaan pada MIS di Kelurahan Pahandut Palangkaraya yang meliputi berbagai kegiatan di awal tahun ajaran, selama pembinaan murid berlangsung serta di akhir tahun ajaran. Dalam hal ini juga terkait masalah tenaga, dana dan prasarana serta sistem pembinaan dan pelaksanaannya.

Untuk keperluan di atas, maka dikumpulkan data melalui sumber tertulis dan tidak tertulis dengan teknik observasi wawancara, kuesioner dan dokomenter. Data tersebut digali dari 6 orang TU dan 47 orang wali kelas pada 6 MIS di Kelurahan. Pahandut Palangkaraya, sehingga semua TU dan semua wali kelas dijadikan populasi. Sampel penelitian ditetapkan 6 TU dan 47 wali kelas dengan menggunakan teknik populasi.

Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitataif menggunakan analisa domain, analisa taksonomi, analisa komponensial pada saat berada di lapangan. Selanjutnya setelah selesai penelitian di lapangan digunakan analisa tema dengan langkah-langkah (a) membuat diagram skematis, (b) menafsirkan tema-tema yang melekat pada diagram skenatis, (c.) mencocokkan sejumlah teori dengan fenomena di lapangan, dan (d) menyimpulkan segenap data yang telah diperoleh. Kemudian secara kuantitatif dianalisa dengan menggunakan distribusi frekuensi sederhana melalui perhitungan jumlah rata-rata skoring dan prosentase.

Hasil analisa menunjukkan bahwa sistem pengelolaaan administrasi kesiswaan pada MIS di Kelurahan Pahandut Palangkaraya dilihat dari kegiatan yang dikerjakan TU menunjukkan angka rata-rata skoring 44,5 berada pada katagore sedang/cukup, kemudian jika secara prosentase terdapat 33,33% berada dalam katagore tinggi/baik, dan 66,67% berada pada katagore sedang/cukup, sementara tidak ditemukan dalarn katagore rendah/kurang. Adapun kegiatan administrasi kesiswaan dilihat dari kegiatan yang dikerjakan wali kelas berada pada angka rata-rata skoring 16,3 termasuk dalam katagore tinggi/baik, kemudian jika dilihat berdasarkan prosentase ternyata 100% dengan frekuensi berada pada taraf kualifikasi yang sama (tinggi/baik). Sementara tidak ditemukan kegiatan administrasi kesiswaan yang dikerjakan wali kelas berada dalam taraf kualifikasi sedang/cukup dan rendah/kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Administrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 20 Jan 2025 06:42
Last Modified: 20 Jan 2025 06:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5724

Actions (login required)

View Item View Item