Noorhasanah H. Ak, Noorhasanah H. Ak (1998) Pengaruh Keaktifan Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstra Kurikuler Pendidikan Agama Islam Terhadap Keterampilan dan Pengamalan Ibadah Siswa Sekolah Menengah Umum Di Sampit. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
298_NOORHASANAH H. A.K._911501170_1998.pdf Download (7MB) |
Abstract
Salah satu usaha untuk mencapai keberhasilan Pendidikan Agama Islam pada sekolah Menengah Umum, selain diajarkan didalam jam pelajaran Sekolah juga dapat dilakukan pembinaan siswa dengan proses Belajar Mengajar secara Ekstra Kurikuler.
Sehubungan dengan hal itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Keaktifan Siswa mengikuti Kegiatan Ekstra Kurikuler Pendidikan Agama Islam terhadap keterampilan dan pengamalan ibadah siswa SMUN.
Penelitian ini dilakukan dengan sampel 60 orang siswa sebagai responden dan 5 orang dewan guru sebagai informan, dengan menggunakan tekhnik Observasi, Dokumentasi, Angket dan Wawancara.
Permasalahan mengenai bagaimana tingkat keaktifan siswa mengikuti kegiatan Ekstra Kurikuler PAI, di ketahui bahwa berada pada posisi aktif yaitu 33 orang (55%), sedangkan yang kurang aktit ada 15 orang (25%) dan yang tidak aktif 12 orang (20%).
Mengenai tingkat keterampilan ibadah siswa derada pada posisi terampil ada 30 orang (50%), yang kurang terampil 21 orang (35%) sedangkan yang tidak terampil 9 orang (15%).
Sedangkan tingkat Pengamalan Ibadah Siswa berada pada posisi yang mengamalkan ada 37 orang (61%), responden yang kurang mengamalkan ada 20 orang (33.3%) dan yang tidak mengamalkan 3 orang (5%).
Adapun permasalahan mengenai Pengaruh Keaktifan Siswa dalam mengikuti kegiatan Ekstra Kurikuler PAI terhadap keterampilan ibadah siswa, menunjukkan adanya hubungan, dimana r 0,45 dan dikonsultasikan dengan r maka r hitung lebih besar dari padar yang berarti memperoleh klasifikasi sedang atau cukup. Kemudian untuk mengetahui signifikansi diperoleht 3.84 pada tarap signifikan 5% 2,00 dan 1% 2.65 dengan demikiant lebih besar datit sehingga Ha diterima yang berarti cukup menyakinkan. Dan pengaruh keaktifan siswa mengikuti kegiatan Ekstra Kurikuler PAl terhadap Keterampilan siswa diperoleh persamaan untuk nilai regresi finier sederhana yaim 1990.18 (3) yang berarti setiap kenaikan satu satuan x akan menyebabkan kenaikan y.
Permasalahan diatas jelas terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dan mengikuti kegiatan Ekstra kunkuler l'Al terhadapan keterampilan dan pengamalan ibadah siswa Sekolah Menengah umum negeri di Sampit cukup berperan semankin tinggi keaktifan siswa maka kegiatan Ekstra Kurikuler semakin tinggi pada tingkat keterampilan dan pengamalan ibadah siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Pengamalan Ibadah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies TAJUK SUBJEK ISLAM > Fiqih > Ibadah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:29 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:32 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5718 |
Actions (login required)
View Item |