Studi Korelasi Antara Kreativitas Belajar Di Kelas Dengan Hasil Kerja Praktek Siswa Smk-N Palangkaraya

Masniah, Masniah (1998) Studi Korelasi Antara Kreativitas Belajar Di Kelas Dengan Hasil Kerja Praktek Siswa Smk-N Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
283_MASNIAH_9015005460_1998.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMKK) perlu adanya suatu kegiatan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas yaitu kreativitas belajar siswa dan kegiatan di luar kelas yaitu praktek, yang berfungsi untuk menambah wawasan dan keterampilan siswa sesuai dengan bidang dan profesinya masing- masing.

Oleh karena itu dalam penelitian ini berupaya untuk mengetahui hubungan antara kreativitas belajar di kelas dengan hasil kerja praktek siswa pada Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga (SMKK-N) Palangka Raya.

Dalam mempelajari masalah di atas maka diteliti atau yang dijadikan sampel da lam penelitian ini yaitu sebanyak 43 orang siswa kelas I dan II dari ketiga jurusan dan 3 orang guru sebagai informan. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Untuk menunjukkan hubungan antara kreativitas belajar di kelas dengan hasil kerja praktek siswa, di analisa secara kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis pertama diuji dengan tehnik uji korelasi (r), selanjutnya dicari dengan rumus regresi linier sederhana, kemudian dikonsultasikan dengan t tabel. Hipotesis kedua (hipotesis kerja) dialisa secara kualitatif dan diuji dengan melihat besar kecilnya sebaran presentase pada kategori penelitian ini.

Adapun antara kreativitas belajar di kelas dengan hasil kerja praktek siswa terdapat korelasi atau hubungan, dimana r=0,56 sedangkan angka indeks korelasi r berkisar antara 0,40 0,70 menunjukkan korelasi yang kuat sekali. Dan taraf signifikansinya a = 1,88 dan b = 0,18.
Sedangkan kretivitas belajar di kelas berada pada kategori "sedang" dengan presentase terbesar 53,48% dan hasil kerja praktek siswa berada pada kategori "tinggi" dengan presentase terbesar 53,48%.

Dengan pembuktian hasil penelitian ini diharapkan guru-guru hendaknya meningkatkan kreativitas belajar di kelas dan juga mengembangkan keterampilan yang ada di sekolah dan berguna sebagai bahan informasi bagi sekolah yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas belajar, Praktek kerja
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 14 Jan 2025 02:56
Last Modified: 14 Jan 2025 02:56
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5698

Actions (login required)

View Item View Item