Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kemampuan Serap Anak Bina Wicara Bagian B Dalam Proses Belajar Mengajar Di (Slbn) Palangkaraya

Lawiah, Lawiah (1999) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kemampuan Serap Anak Bina Wicara Bagian B Dalam Proses Belajar Mengajar Di (Slbn) Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
276_LAWIAH_9115011695_1998.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka menyukseskan program wajib belajar dalam pendidikan dasar, khususnya pada Sekolah Luar Biasa Negeri (LEN) di Palangkaraya perlu guru yang berlatar belakang pendidikan Luar Biasa (SLE) serta profesional berpengalaman sehingga tujuan Proses Belajar Mengajar (PEM) berjalan dengan efektif dan efesien.

Yang dimaksud kemampuan serap anak bina wicara bagian B dalam penelitian ini diantaranya adalah kemampuan anak menerima. menyerap materi serta mampu mendengarkan penjelasan dari guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dan pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kemampuan serap anak bina wicara bagian B dalam proses belajar mengajar pada SLBN Palangkaraya. Sedangkan kegunaannya adalah untuk menambah pengetahuan bagi penulis dan sebagian bahan kajian pemikiran bagi pihak guru, kepala sekolah guna memutuskan kebijaksanaan di dalam meningkatkan kwalitas pendidikan murid-muridnya.

Permasalahan dalam penelitian ini apa latar belakang pendidikan guru bina wicara bagian B PADA SLEN Palangkaraya. Kemudian apakah ada hubungan dan pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kemampuan serap anak bina wicara bagian B dalam proses belajar mengajar pada SLBN Palangkaraya.

Kemudian untuk mengetahui hal tersebut digunakan rumus udi korelasi Product Moment nilai "r" dikonsultasikan dengan nilai yang t tabel. udi signifikan. dengan mencari nilai t hitung dengan menggunakan rumus t hitung. Selanjutnya untuk menguji hipotesa pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kemampuan serap anak bina wicara bagian B dalam proses belajar mengajar pada SLBM Palangkaraya digunakan rumus regresi linier sederhana yakni Y= a+b (X).

Untuk menjawab permasalahan di atas penelitian ini menggunakan bahan tertulis dan bahan tidak tertulis. Dengan sampel para guru SLBN bagian B yaitu berjumlah 8 orang dan siswa SLEN bagian B berjumlah 28 orang, dengan menggunakan teknik pengumpulan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bina Wicara, SLB, Pendidikan Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:15
Last Modified: 10 Jan 2025 03:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item