Pengaruh Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Aktivitas Keagamaan Siswa Smụn-1 Palangka Raya

Bastiah, Bastiah (1998) Pengaruh Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Aktivitas Keagamaan Siswa Smụn-1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.

[img] Text
258_BASTIAH_9215014323_1998.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Nasional bertujuan antara lain mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan melalui Pendidikan Agama Islam, dan salah satu inti dari kegiatan pendidikan agama adalah kegiatan belajar siswa. Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti minat, dan faktor yang berasal dari luar diri individu seperti lingkungan sekitarnya Dengan minat belajar yang tinggi bukan saja hasil pendidikan agama yang dicapai, akan tetapi diharapkan pula tumbuh aktivitas keagamaan siswa. Aktivitas yang dimaksud di antaranya adalah pelaksanaan shalat, keikutsertaan dalam kegiatan peringatan hari-hari besar Islam, keikutsertaan dalam kegiatan pesantren kilat, dan lain sebagainya untuk itu perlu diteliti, apakah memang minat siswa pada Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap aktivitas keagamaan mereka.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan bagaimana aktivitas keagamaan siswa SMUN-1 Palangkaraya. Apakah ada pengaruh minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas keagamaan siswa SMUN-1 Palangkaraya.

Hipotesa yang diajukan adalah ada pengaruh positif antara minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas keagamaan siswa SMUN-1 Palangkaraya.
Untuk menjawab permasalahan di atas, sekaligus memenuhi tujuan yang ingin dicapai, maka setelah mengadakan penelitian di SMUN-1 Palangkaraya dengan jumlah populasi 427 orang siswa yang beragama Islam, dan yang dijadikan sampel 15 % yakni 40 orang siswa dengan menggunakan teknik porpusive random sampling. Adapun untuk mengumpulkan data-data, digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.

Setelah data terkumpul kemudian dianalisa, sehingga diketahui skor minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam rata-rata 2,35 dari skor ini berada pada taraf sedang. Sedangkan aktivitas keagamaan siswa SMUN-1 Palangkaraya rata-rata 2,36 skor ini berada pada taraf sedang. Adapun untuk mencari hubungan antara minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan aktivitas keagamaan siswa, digunakan rumus korelasi product moment dan diperoleh r sebesar 0,85 korelasi ini menunjukkan korelasi yang sangat tinggi, karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel, baik pada taraf signifikansi 5% = 0,304 maupun pada taraf signifikansi 1% 0,393. Adapun untuk mengetahui signifikansi hubungan tersebut digunakan rumus t hitung dan diperoleh t hitung sebesar 9,93. Dari perhitungan ini diketahui bahwa hubungan tersebut signifikan, karena t hitung 9,93 lebih besar dari t tabel, baik pada taraf signifikan 5% 2,02, maupun pada taraf signifikan 1% 2,71.

Kemudian untuk menguji pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y digunakan uji regresi linier sederhana Sehingga diketahui hasil dari penelitian menunjukkan Y = a + b (X), hal ini berarti setiap kenaikan 1 satuan nilai X akan menyebabkan kenaikan 1 satuan Y secara konstan. Jika ini dimisalkan X = 1, maka Y = 0,38 0,84 (1) = 0,84 yang berarti setiap kenaikan 1 satuan X akan mengikutkan kenaikan 0,84 satuan Y dengan harga a konstan. Dengan demikian, hal ini menunjukkan adanya pengaruh minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas keagamaan siswa SMUN-1 Palangkaraya, dan dapat dinyatakan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka semakin tinggi pula aktivitas keagamaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAI, Shalat, Minat belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 02 Jan 2025 06:42
Last Modified: 02 Jan 2025 06:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5667

Actions (login required)

View Item View Item