Askani, Askani (1998) Pengaruh Sistem Pemilihan Jurusan Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di Smu Negeri (Studi Pada Jurusan Ipa Di Smu Negeri 1 Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.
Text
256_ASKANI_9215014304_1998.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sistem pemilihan jurusan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam proses belajar mengajar di sekolah, termasuk juga aktivitas belajar. Karena dengan adanya penempatan siswa pada masing-masing Jurusan yang sesuai dengan kriteria penjurusan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mempelajari materi pelajaran yang diberikan pada jurusan tersebut, sehingga aktivitas belajar siswa dapat dilakukannya dengan baik dan tujuan belajar dapat tercapai.
Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis mengadakan penelitian di SMUN 1 Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan permasalahan bagaimana sistem pemilihan jurusan, bagaimana aktivitas belajar siswa, apakah ada hubungan sistem pemilihan jurusan dengan aktivitas belajar siswa dan apakah ada pengaruh sistem pemilihan jurusan terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran khusus jurusan IPA di SMUN 1 Labuan Amas Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemilihan jurusan dan aktivitas belajar siswa serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan pengaruh sistem pemilihan Jurusan terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran khusus Jurusan IPA di SMUN 1 Labuan Amas Selatan, sehingga dirumuskan hipotesa pertama: "Ada hubungan sistem pemilihan jurusan dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran khusus jurusan IPA di SMUN 1 Labuan Amas Selatan", dan hipotesa kedua: "Ada pengaruh sistem pemilihan jurusan terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran khusus jurusan IPA di SMUN 1 Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III jurusan IPA yang berjumlah 24 orang siswa, sedangkan yang menjadi sampel adalah seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang disebut dengan sampel total. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisa data untuk mengetahui ada hubungan digunakan rumus korelasi product moment, untuk mengetahui apakah hubungan tersebut signifikan atau tidak digunakan rumus t hitung dan untuk mengetahui ada pengaruh digunakan rumus regresi linier.
Setelah diadakan terhitungan diketahui bahwa hubungan sistem pemilihan jurunan dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran khusus jurusan IPA. didapat nilair hitung 0.59 yang menunjukkan bahwa korelasi tersebut berada pada kategori sedang atau cukup. Kemudian dilanjutkan dengan hitung 3,43 dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% 2,07 dan taraf signifikan 1% 2,82, apabila t hitung dibandingkan dengan t tabel marathitung lebih besar dari pada tabel. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sistem pemilihan jurusan dengan aktivitan belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh mintem pemilihan jurusan terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh melalui regresi linier dengan nilai a 1,47 dan b 0.18, sehingga diperoleh Y 1,47 + 0,48 (X) yang berarti bahwa setiap kenaikan 1 satuan variabel X maka akan mengakibatkan kenaikan 1 satuan pada variabel Y dengan nilai a konstan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh sistem pemilihan jurusan terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran khusus jurusan IPA di SMUN 1 Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan jurusan, Aktivitas belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 04:04 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 04:04 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5665 |
Actions (login required)
View Item |