Pengaruh Pengalaman Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Menerapkan Kompetensi Keguruan Pada Sltp Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya

Akhmadi A., Akhmadi A. (1998) Pengaruh Pengalaman Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Menerapkan Kompetensi Keguruan Pada Sltp Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.

[img] Text
253_AKHMADI A._9215014308_1998.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengemukakan permasalahan. yang berkaitan dengan pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan kompetensi keguruan, di mana pengalaman mengajar adalah merupakan suatu kematangan tingkah laku yang diperoleh melalui proses interaksi antara sesama guru, siswa dan lingkungan dalam upaya meningkatkan profesionalisasi guru dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu, guru harus memiliki dan melakukan kegiatan pengajaran berdasarkan kompetensi yaitu menguasai bahan, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media sumber belajar, menguasai landasan-landasan kependidikan, mengelola interaksi belajar mengajar dan menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran. Pengalaman mengajar guru cukup menentukan terhadap keberhasilan proses belajar mengajar, karena itu setiap guru seharusnya mampu dan terampil dalam melaksanakan tugasnya, tidak terkecuali bagi guru SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya. Oleh karena itu, dipandang perlu melakukan penelitian tentang ada tidaknya pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan kompetensi keguruan berlokasi pada SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya.

Berdasarkan uraian di atas, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengalaman mengajar guru, bagaimana kemampuan menerapkan kompetensi keguruan, kemudian apakah ada pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan kompetensi keguruan pada SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengalaman mengajar guru, kemampuan menerapkan kompetensi keguruan, dan pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan kompetensi keguruan pada SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya.

Kemudian diajukan hipotesa pertama "Ada pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan kompetensi keguruan", dan hipotesa kedua "Semakin tinggi pengalaman mengajar guru, maka semakin baik pula kemampuan menerapkan kompetensi keguruan pada SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya.

Populasi penelitian adalah seluruh guru SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya yang berjumlah 258 orang dan yang dijadikan sampel diambil 25% yakni 64 orang guru. Sedangkan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan 11 observasi, wawancara, angket. dokumentasi, terhadap kepala sekolah, wakil kepala, kepala tata usaha, guru yang mengajar pada SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya sebagai informan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman mengajar guru berada pada kualifikasi sedang yakni 2,42 dengan rincian tinggi 14.06%, sedang 54,69 %, rendah. 31,25%. Sedangkan kemampuan guru menerapkan kompetensi keguruan berada pada kualifikasi sedang yakni 2.48. dengan rincian tinggi 25%, sedang 60,94%, rendah 14.06 %. Antara pengalaman mengajar guru dengan kemampuan menerapkan kompetensi keguruan pada SLTP Negeri Kelurahan Langkai Palangkaraya ada hubungan, di mana 0,75 berada di antara 0,70 0,90, yang berarti terdapat korelasi yang tinggi atau kuat. Kemudian untuk mengetahui signifikansi tidaknya hubungan antara pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan kompetensi keguruan, maka diperoleh t hit 8,97 pada taraf signifikansi 5% 2.00 dan taraf signifikansi 1% 2,65. Dengan demikian t hit lebih besar dari t tabel, baik pada taraf 5% maupun 1%. Adapun pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan kompetensi keguruan berada pada kualifikasi 0,55 di mana menurut perhitungan regresi linier a 1,14 dan b 0,55 atau y 1.14 + 0,55 (x) = 1,69 ternyata setiap kenaikan 1 satuan x akan menyebabkan kenaikan y. Dengan demikian semakin tinggi pengalaman mengajar guru, maka semakin baik pula kemampuan menerapkan kompetensi keguruan.

Hasil penelitian ini setidaknya menjadikan tambahan pengetahuan penulis serta bahan pertimbangan dalam menetapkan kebijaksanaan pengembangan SLTP. guna pembinaan dan pengembangan SLTP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru, Program belajar mengajar, Mengelola kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 02 Jan 2025 03:13
Last Modified: 02 Jan 2025 03:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item