Majid, Abdul (1998) Studi tentang Problematika Mahasiswa Dalam Penyelesaian Studi Pada Fakultas Tarbiyah Iain Antasari/Stain Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palngka Raya.
Text
249_ABDUL MAJID_9215014318_1998.pdf Download (3MB) |
Abstract
Belajar di perguruan tinggi sangat berat, ilmu yang di terima dari meja kuliah atau hasil penelitian tidak mungkin dimiliki dengan usaha yang ringan dan singkat. Berdasarkan keputusan Rektor IAIN Antasari Nomor 85 Tahun 1985 pasal 7 tentang beban studi program akademik/sarjana sebanyak 160 SKS dengan masa studi 8 semester dan maksimal 14 semester. Mengacu kepada surat keputusan tersebut mestinya mahasiswa dalam 10 semester sudah dapat menyelesaikan studi, 8 semester teori dan 2 semester penelitian skripsi. Namun untuk menyelesaikan studi 10 semester yang dapat dikatagorikan tepat waktu, memang cukup sulit bagi sebagian mahasiswa di perguruan tinggi, termasuk mahasiswa IAIN Antasari Palangkaraya, karena terjadinya hambatan-hambatan sehingga sebagian mahasiswa terlambat menyelesaikan studi sesuai dengan batas waktu yang tepat. Keterlambatan mahasiswa tersebut bisa dipengaruhi faktor intern mahasiswa sendiri atau faktor ekstern. Berdasarkan fenomena tersebut penulis tertarik mengangkat penelitian dengan judul "STUDI TENTANG PROBLEMATIKA MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN STUDI PADA FAKULTAS TARBIYAH IAIN ANTASARI /STAIN PALANGKARAYA".
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana intelegensi, perhatian, suasana rumah/orang tua, suasana lingkungan/ tempat tinggal, ekonomi, teman bergaul, motivasi mahasiswa dalam menyusun proposal/skripsi, dan juga bagaimana keadaan administrasi akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya yang meliputi; proses penerimaan judul skripsi, cara pelaksanaan seminar proposal/ skripsi, proses pembimbingan penulisan proposal/skripsi, pergantian pembimbing proposal/skripsi, tidak adanya persamaan persepsi pembimbing I dan pembimbing II, perhatian pembimbing akademik.
Untuk keperluan di atas, maka dikumpulkan data melalui sumber tertulis dan tidak tertulis dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data tersebut digali dari responden sebanyak 99 orang mahasiswa yang menjadi populasi dan 17 orang dosen sebagai informan. Sedangkan sampel penelitian ditetapkan 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan yaitu hanya angkatan tahun 1991/1992. Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif yaitu pada saat di lapangan menggunakan analisa domain. Taksonomi dan komponensial, setelah selesai penelitian di lapangan dilanjutkan dengan analisa tema.
Hasil analisa menunjukkan bahwa problematika yang menyebabkan keterlambatan mahasiswa menyelesaikan studi ada beberapa faktor yaitu; faktor dari mahasiswa sendiri adalah intelegensi yang dapat dilihat dari Indeks Prestasi komulatif yang hanya rata-rata 2,002,5 saja, kurangnya dukungan orang tua, suasana tempat tinggal yang kurang tenang, biaya kuliah yang ditanggung sendiri, kurangnya motivasi mahasiswa dalam menyusun proposal/skripsi, sedangkan faktor dari fakultas sendiri adalah administrasi akademik yang berbelit-belit, ini dapat dilihat dari proses penerimaan judul proposal/skripsi yang terlalu lama, cara melaksanakan seminar yang kurang efektif, proses pembimbingan yang terlalu lama, penggantian pembimbing tanpa adanya koordinasi, tidak adanya persamaan persepsi antara pembimbing I dan pembimbing II, kurangnya perhatian dosen pembimbing akademik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian Studi, Problematika Mahasiswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 08:06 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 08:06 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5643 |
Actions (login required)
View Item |