Studi Tentang Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Pada Sdn Kelurahan Langkai Kodya Palangkaraya

Tawiyah, Tawiyah (1997) Studi Tentang Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Pada Sdn Kelurahan Langkai Kodya Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
245_TAWIYAH_9115011788_1997.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu bagian dari komponen pengajaran adalah media. Media dalam kegiatan belajar mengajar turut mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Media dalam kegiatan belajar mengajar cukup banyak, namun dalam penelitian ini penulis hanya meneliti tentang pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam.

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam serta bagaimana PBM Pendidikan Agama Islam.
Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah guru Pendidikan Agama Islam pada SDN Kelurahan Langkai berjumlah 23 orang guru Agama Islam yang semuanya dijadikan sampel, sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi.

Untuk memperoleh data tentang pemanfaatan media dan proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam digunakan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi.

Adapun media yang dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam oleh guru Pendidikan Agama Islam meliputi: pemanfaatan tape recorder, pemanfaatan peta, papan tulis, pemanfaatan buku paket Pendidikan Agama Islam, buku penunjang Pendidikan Agama Islam, pemanfaatan tulisan arab di kertas karton, gambar orang shalat, gambar orang berwudhu, gambar orang haji dan pemanfaatan bagan atau grafik yang dibuat oleh guru Pendidikan Agama Islam.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemanfaatan media dalam PBM Pendidikan Agama Islam berada dalam kategori sedang, dengan presentase 56,52%. Hal ini dapat dilihat pada tabel 21 yang menyatakan bahwa pemanfaatan media yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam berada dalam kategori baik sebanyak 26,09% dan dikategori kurang dengan presentase 17,39%. Dengan demikian pemanfaatan media oleh Guru Pendidikan Agama Islam berada pada nilai rata-rata skoring 2,29.

Adapun untuk PBM Pendidikan Agama Islam pada SDN Kelurahan Langkai meliputi: Kesesuaian antara TPK dengan media, kesesuaian TPK dengan materi, kesesuaian antara pelaksanaan PBM Pendidikan Agama Islam dengan Program Satuan Pembelajaran, pemberian motivasi oleh guru agama Islam dalam setiap PBM berlangsung, keterlibatan siswa dalam PBM Pendidikan Agama Islam, pemberian kesempatan yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam kepada siswa untuk bertanya dalam PBM Pendidikan Agama Islam, pemberian penghargaan yang diberikan oleh guru Agama Islam kepada siswa apabila pertanyaan guru berhasil dijawab, penggunaan metode oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam PBM, sikap guru Pendidikan Agama Islam terhadap siswa yang ribut atau mengantuk pada saat PBM berlangsung, bentuk variasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam, bentuk sangsi yang diberikan oleh guru Agama Islam kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas (PR), perhatian guru Agama Islam terhadap siswa yang nilai agamanya kurang dan penilaian yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam pada saat PBM berlangsung.
Dari hasil penelitian tentang proses belajar mengajar diperoleh hasil bahwa PBM Pendidikan Agama Islam pada SDN Kelurahan Langkai berada dalam kategori sedang dengan prosentase 43,48% atau berada pada nilai rata-rata skoring 2,15.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama, Proses mengajar, Media belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 24 Dec 2024 08:53
Last Modified: 24 Dec 2024 08:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5638

Actions (login required)

View Item View Item