Pamuji, Sri (1997) Studi Banding Aktivitas Dan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Di Biayai Orang Tua Dengan Biaya Sendiri Pada Smea Isen Mulang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
241_SRI PAMUJI_9115011763_1997.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam kenyataan kegiatan pendidikan melalui jalur sekolah. seperti pendidikan SMEA Isen Mulang Palangkaraya ternyata tidak semua siswa memperoleh dukungan biaya dari orang tua. tetapi ada sejumlah besar siswa yang harus membiayai dirinya sendiri. kondisi seperti ini apakah berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar mereka. sehingga menarik untuk diteliti.
Berkaitan hal tersebut. maka penelitian ini dilakukan dalam upaya mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar pada siswa antara yang dibiayai orang tua dan biayai sendiri pada SMEA Isen Mulang Palangkaraya.
Yang menjadi permasalahan penelitian. bagaimana aktivitas belajar siswa yang dibiayai orang tua dan biaya sendiri? Bagaimanakah hasil belajar siswa yang dibiayai orang tua dan biaya sendiri? Adakah perbedaan aktivitas belajar siswa antara yang dibiayai orang tua dengan biaya sendiri? Adakah perbedaan antara belajar siswa dibiayai orang tua dan biaya sendiri.
Hipotesis yang diajukan Ha Ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang dibiayai orang tua dengan belajar sendiri". Ho "Tidak ada perbedaan aktivitas belajar siswa antara yang dibiayai orang tua dengan biaya sendiri. Ha Ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibiayai orang tua dengan biaya sendiri. “Ho” Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibiayai orang tua dengan biaya sendiri.
" Populasi penelitian 342 siswa terdiri kelas I. II dan III. sedangkan sampel 60 siswa, terdiri atas 30 orang yang dibiayai orang tua dan 30 siswa yang biaya sendiri dengan teknik Observasi random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Sedangkan teknik analisis data digunakan rumus tes "t".
Setelah diadakan perhitungan. diketahui presentasi aktivitas belajar siswa yang dibiayai orang tua berada pada kualifikasi tinggi 80 %. kualifikasi sedang 20% sedangkan kualifikasi rendah tidak ditemukan, dengan perolehan jumlah skoring rata-rata 29.47 (tinggi).
Presentase aktivitas belajar siswa yang dibiayai sendiri berada pada kualifikasi tinggi 20%. kualifikasi sedang 33.3 dan kualifikasi rendah 46.7 % dengan jumlah skoring rata-rata 21.93 (sedang).
Mengenai hasil belajar siswa yang dibiayai orang tua yang mendapatkan kualifikasi tinggi 40 %. kualifikasi sedang 53.3% dan kualifikasi rendah 6,7 %, Jumlah skoring rata-rata 30.13 (sedang).
Presentase hasil belajar siswa yang biaya sendiri berada pada kualifikasi tinggi 26.7%. kualifikasi sedang 63.3% dan kualifikasi rendah 10 %. Perolehan Jumlah skoring rata-rata sebesar 28.1 (sedang).
Perbedaan aktivitas belajar siswa yang dibiayai orang tua dengan biaya sendiri melalui analisis sederhana. biaya orang tua 29.47 (kualifikasi tinggi) dan biaya sendiri 21.93 (kualifikasi sedang). dilanjutkan dengan analisis kuantitatif didapat "t" 37.68 dibandingkan dengan t tabel 5% 2.00 dan 1% 2.65. berarti t lebih besar dari tabel. sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Perbedaan hasil belajar siswa yang dibiayai orang tua dengan biaya sendiri melalui analisis sederhana biaya orang tua 30.13 (kualifikasi sedang) dan biaya sendiri 26.7 (kualifikasi sedang dilanjutkan dengan analisa kuantitatif diperoleh 1.091 dibandingkan dengan t tabel taraf signifikan 5% 2.00 dan 1 = 2.65. ternyata t lebih kecil dari t tabel, sehingga Ho diterima dan Ha di tolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biaya pendidikan, Studi banding, Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:26 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:26 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5634 |
Actions (login required)
View Item |