Hidayah A, Noor (1997) Pengaruh Motivasi Mengajar Terhadap Aktivitas Mengajar Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
229_NOOR HIDAYAH A._9115011736_1997.pdf Download (4MB) |
Abstract
Motivasi mengajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan di dalam belajar mengajar. Karena itu setiap guru sudah seharusnya termotivasi dalam dirinya sendiri untuk mengajar. Tidak terkecuali bagi guru Tsanawiyah Negeri Palangka Raya, karena dengan motivasi yang tinggi pengembangan aktivitas mengajar guru diharapkan pula. oleh karena itu dipandang perlu melakukan penelitian tentang ada tidaknya pengaruh motivasi menjadi guru terhadap aktivitas mengajar guru berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangka Raya.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka diajukan rumusan masalah penelitian bagaimana motivasi mengajar pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya. Bagaimana aktivitas mengajar guru dan apakah ada pengaruh motivasi mengajar terhadap aktivitas mengajar pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, dengan tujuan untuk mengetahui motivasi mengajar dan aktivitas mengajar, dan untuk ada tidaknya pengaruh antara motivasl mengajar terhadap aktivitas mengajar guru pada Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, sehingga diketengahkan hipotesa pertama : "Motivael mengajar berpengaruh terhadap aktivitas mengajar guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya dan , hlpotesa kedua: "makin tinggi motivasi mengajar maka semakin tinggi pula aktlvitas mengajar guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya.
Penelitlan ini ditujukan kepada 40 orang guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, sehingga semua guru tersebut dijadikan populasi. selanjutnya data diklasifikasikan menjadi data tertulis dan data tidak tertulis, yang di gali dengan tekhnik obaervasi, wawancara. angket, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpul dan diolah dengan editing, coding dan klasifikasi, tabulating dan analising. Untuk mengetahui korelasi hubungan dua variabel yang diteliti data yang disajikan dalam tabel korelasi dan diolah dengan rumus masing-masing, hipotesa pertama product moment dan dilanjutkan dengan t hit. Sedangkan hipotesa dengan rumus Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mengajar berada pada kualifikasi 2,37 dimana masing-masing tingi 27,5 %, sedang 42,5 %, dan terendah 30 %. Sedangkan .aktivitas mengajar guru berada pada kualifikasi 2,78 dimana tinggi 57,5 %, .sedang 30 % dan rendah 12,5 %, antara motivasl mengajar dengan aktivitas mengajar guru terdapat korelasi pada kualifikasi sedang. Di mana rxy = 0,45 berada di antara O,40 _ 0,70 pada tabel interprestasi Product Moment. Dan t hit = 3,11 lebih besar dari pada t tabel, baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % yang masing-masing 2,02.dan 2,71. Adapun pengaruh motivasi terhadap aktivitas mengajar guru, dimana menurut perhitungan a = 2,27 dan b = 0,21 atau y = (2,27 + 0,21), artinya setiap kenaikan 1 satuan x akan mengakibatkan kenaikan 0,21 satuan y. Dengan demikian dapat dinyatakan adanya pengaruh motivasi mengajar terhadap aktivitas mengajar pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangakaraya dan dapat dinyatakan semakin tinggi motivasi mengajar maka semakin tinggi pula aktivitas mengajar guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangakaraya. Sehingga hipotesa I dan II teruji kebenarannya dan diterima secara meyakinkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi mengajar, Aktivitas mengajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 01:25 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 01:25 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5614 |
Actions (login required)
View Item |