Studi Perbandingan Peranan Raudhatul Athfal Dengan Taman Kanak-Kanak Islam Dalam Pembinaan Kehidupan Beragama Anak Usia Prasekolah Di Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangka Raya

Dahriansyah, Muhammad (1997) Studi Perbandingan Peranan Raudhatul Athfal Dengan Taman Kanak-Kanak Islam Dalam Pembinaan Kehidupan Beragama Anak Usia Prasekolah Di Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
227_MUHAMMAD DAHRIANSYAH_9002005554_1997.pdf

Download (4MB)

Abstract

Raudhatul Athfal dan Taman Kanak-Kanak Islam adalah lembaga pendidikan untuk anak usia prasekolah yakni anak usia 4-6 tahun. Lembaga pendidikan ini diselenggarakan untuk membantu orang tua menanamkan dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta di luar lingkungan keluarga sekaligus mempersiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.

Kedua lembaga pendidikan prasekolah di atas sebagaimana lembaga pendidikan yang lain, juga melaksanakan pembinaan kehidupan beragama, yang diharapkan akan dapat melahirkan kehidupan sikap beragama anak usia prasekolah menjadi seorang muslim dan warga negara dan muslim yang baik. Berkaitan dari hal itulah maka penelitian ini berupaya untuk mengetahui peranan Raudhatul AthfaI dan Taman Kanak-kanak Islam di kecamatan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. dalam pembinaan kehidupan beragama anak usia prasekolah, melihat kehidupan beragama anak usia prasekolah yang telah dibinanya, sekaligus membandingkan peranan Raudhatul AthfaI dengan peranan Taman Kanak-Kanak Islam dalam pembinaan kehidupan beragama anak usia prasekolah yang telah dibina oleh Raudhatul AthfaI dan taman Kanak-kanak Islam di Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangka Raya.

Berdasarkan permasalahan, tersebut diatas, maka hipotesa yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : ada perbedaan yang signifikan antara Raudhatul AthfaI dan Taman Kanak-kanak Islam dalam pembinaan kehidupan beragama anak usia prasekolah yang dibina oleh para guru taman kanak-kanak Islam di Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan sampel 6 buah lembaga pendidikan prasekolah dan 12 orang guru serta 72 orang anak prasekolah yang berada pada kelompok B Raudhatul AthfaI dan Taman Kanak-Kanak Islam di Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Sedangkan kepala sekolah dan orang tua sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, interview, dokumentasi dan angket.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prasekolah, Taman Kanak-kanak, Keterampilan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 20 Dec 2024 00:57
Last Modified: 20 Dec 2024 00:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item View Item