Studi tentang pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kelas VII di SMPN-2 Kota Palangka Raya

Nurhayati, Nurhayati (2016) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kelas VII di SMPN-2 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan pendidikan. Oleh karena itu kurikulum harus dinamis dan adaftif pada perubahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Hal itu menjadikan pengembangan kurikulum dalam sebuah perjalanan pendidikan adalah sebuah keniscayaan. UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa fungsi pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Fungsi tersebut harus didukung pengembangan kurikulum yang bersumber pada budaya bangsa, mengikuti perkembangan bangsa masa kini dan masa mendatang. Untuk kepentingan itulah kurikulum 2013 di implementasikan.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian berkenaan dengan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kelas VII di SMPN-2 Kota Palangka Raya, dengan fokus penelitian pada pelaksanaan pembelajarannya dan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana yang menjadi subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMPN-2 Palangka Raya, adapun tehnik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian; 1), pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kelas VII di SMPN-2 Kota Palangka Raya yang meliputi perencanaan pembelajaran yang di dalamnya memuat RPP dan silabus guru PAI pada sekolah tersebut dalam memahami teori pembutannya yang sesuai dengan standar acuan kurikulum 2013. Selain itu juga dalam hal pendekatan saintifik dan penilaian otentik semuanya sudah dijalankan walaupun belum maksimal. 2); Faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kelas VII di SMPN-2 Palangka Raya, diantaranya masih terdapat kendala dalam pelaksanaanya salah satunya adalah masih kurangnya ruang kelas yang dikhususkan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang memadai untuk pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT, disamping itu juga perlunya penguasaan ICT secara menyeluruh bagi gurunya sehingga tidak ada lagi kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran berbasis kurikulum 2013.

ABSTRACT

Curriculum is one of factors that contributes Education. Curriculm must dinamic and adactive in movement of the society. That becomes curriculum development in education process becomes certainly. Goverment law number 20 2013 about national education system showed that the function of national education to develope and create character and also the valance culture of nation. That function must be supported curriculum development sourced from culture nation, following nation development now and later. From those functions curriculum 2013 implemented.

The reasearh problem of this research was learning process of curriculum 2013 of islamic education and character , focus of the research was on learning process and barricade factors in learning process. This research used qualitative research where the subject of this research was the teacher of islamic education and at VII class of SMPN 2 Palangka Raya. Then the research method by using observation, interview, and documentation.

The result of this research ; first, learning process of curriculum 2013 of islamic education and character,, at VII grade SMPN 2 Palangkaraya learning plan included, the lesson plan and syllabus theacher of islamic education and character, the stadarization based on curriculum 2013. Beside that the scietific approach and authectic scoring system had been accomlished although unperfect yet. Second the barrocade factor in learning process of curriculum 2013 of islamic education and character at VII class of SMPN 2 Palangka Raya, such as the struggle of learning process was lack of appropriate class of islamic education and character... to face ICT system., besides that the needs of ICT mastering for teachers in order there will be not difficulty in extending the material based on curriculum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; budi pekerti; curriculum; pembelajaran; learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Jun 2017 01:18
Last Modified: 07 Jun 2017 01:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item