Hidayati, Nur Ainy (2016) Studi komparatif penerapan metode menghafal Al-Qur′an di Sekolah Dasar Integral Hidayatullah Palangka Raya dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
SKRIPSI NA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sekolah Dasar Integral Hidayatullah (SDIH) Palangka Raya dan Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDMU) Palangka Raya merupakan sekolah yang menerapkan kegiatan menghafal al-Qur′an sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dari fenomena tersebut penulis tertarik melakukan penelitian dengan pendekatan komparatif mengenai dua sekolah yang memiliki tujuan yang sama yaitu menghafal al-Qur′an. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode menghafal al-Qur′an di SDIH Palangka Raya dan SDMU Palangka Raya? bagaimana persamaan dan perbedaan penerapan metode menghafal al-Qur′an di SDIH Palangka Raya dan SDMU Palangka Raya?. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode menghafal al-Qur′an dan mengetahui persamaan dan perbedaan penerapan metode menghafal al-Qur′an di SDIH Palangka Raya dan SDMU Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjeknya 1 orang Ustażah sebagai wali kelas VI yang mengajar ekstrakurikuler menghafal al-Qur′an di SDIH Palangka Raya dan 1 orang guru yang mengajar bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VI di SDMU Palangka Raya. Objek daripenelitian ini adalah penerapan metode menghafal al-Qur′an di SDIH Palangka Raya dan SDMU Palangka Raya.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: Data Collection (mengumpulkan data), Data Reduction (pengurangan data), Data Display (penyajian data), dan Conclusion Drawing (penarik kesimpulan).
Hasil penelitian penerapan metode menghafal al-Qur′anSDIH Palangka Raya yaitupeserta didik mendengarkan bacaan orang lain melalui kaset maupun secara langsung, kemudian menghafal ayat/surah dengan melihat mushaf secara berulang-ulang dan menghafalkan sedikit demi sedikit, setelah hafal peserta didik menyetorkan hafalannya (metode Talaqqi) , kemudian mengulang hafalan yang pernah dihafalkan kepada Ustażah (metode Takrir), Ustażah memperhatikan ilmu tajwid pada saat peserta didik menyetorkan hafalannya (metode Tasmi‘). Sedangkan SDMU Palangka Raya yaitupeserta didik menyetorkan hafalan yang baru dihafal dengan mengeraskan suara sehingga peserta didik yang lain dapat menyimak (metode Talaqqi), kemudian mengulang hafalan yang pernah dihafalkan secara bersama-sama (metode Takrir), guru memperhatikan ilmu tajwid pada saat peserta didik menyetorkan hafalannya di kelas. Adapun persamaan penerapan metode menghafal al-Qur′an di kedua Sekolah Dasar tersebut, yaitu metode Talaqqi, Takrir, dan Tasmi‘. Sedangkan perbedaannya terletak pada penerapannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Studi Komparatif; enerapan; metode menghafal al-Qur′an; Al-Quran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 07:22 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:24 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/550 |
Actions (login required)
View Item |