Mastikamah, Mastikamah (2008) Pelaksanaan pembelajaran al-qur'an hadits di MAN Pangkalan Bun. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Mastikamah - 0101110415.pdf Download (11MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Al Qur'an Hadits Di MAN Pangkalan Bun, yang meliputi Tujuan, Materi, Metode, Media, dan Evaluasi. 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran Al Qur'an Hadits di MAN Pangkalan Bun.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Dalam penerapan pembelajaran, sebelumnya harus membuat perencanaan pembelajaran yang meliputi tujuan instruksional, bahan atau materi, metode, media, dan evaluasi. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran Al Qur'an Hadits di MAN Pangkalan Bun dapat diketahui cara-cara yang dilakukan oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar berlangsung.
Penelitian ini termasuk metode kualitatif, subjek (sumber data) 2 orang guru yang mengajar di kelas XI pada semester I tahun 2007. Teknik pengumpulan data yang peneliti terapkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan analisis yaitu; 1) Data Collection (pengumpulan data), 2) Data reduction (pengurangan data), 3) Data Display (penyajian data), dan 4) Conclusion Drawing/Verifying (penarikan kesimpulan dan verifikasi).
Hasil penelitian; (1) Untuk menentukan tujuan instruksional suatu pokok bahasan kedua guru melihat kurikulum yang ada serta disesuaikan dengan buku pegangan yang dipakai, (2) Untuk menentukan materi yang akan disampaikan kedua guru melihat buku paket yang ada, dan kalau ada materi yang kurang jelas dapat ditambahkan dengan melihat buku rujukan yang lain, (3) Metode pembelajaran yang biasa oleh kedua guru gunakan bermacam- macam, diantaranya metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, drill, penugasan dan permainan, (4) Media pembelajaran yang digunakan kedua guru adalah media yang tersedia disekitar kelas, bahkan ada media yang dibawa dan disiapkan dari rumah, (5) Evaluasi yang sering diterapkan di dalam kelas oleh kedua guru adalah pre test dan post test, (6) Faktor pendorong (latar belakang pendidikan gurunya, buku pegangan, relasi guru dengan siswa yang tercipta dengan baik, Metode mengajar yang diterapkan guru), faktor penghambat (latar belakang pendidikan siswa, materi pelajaran, keadaan siswa, keterbatasan media yang disediakan sekolah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur'an dan Hadis |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 03 May 2024 00:31 |
Last Modified: | 03 May 2024 00:31 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5473 |
Actions (login required)
View Item |