Problematika mengajar guru yang berlatar belakang pendidikan sekolah menengah atas (sma) pada mts swasta se-Kota Palangka Raya

Supriyono, Lilik (2008) Problematika mengajar guru yang berlatar belakang pendidikan sekolah menengah atas (sma) pada mts swasta se-Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Lilik Supriyono - 0301110601.pdf

Download (16MB)

Abstract

Guru merupakan pelaksana pendidikan yang berkompeten untuk merubah pola pikir peserta didik menjadi lebih baik dan memberikan kontribusi sangat besar dalam upaya memajukan pendidikan. Karena itu guru selalu berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, sehingga menjadi manusia mulia dan sukses.
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah faktor pendidikan guru. Di MTs Swasta Palangka Raya terdapat sebagian guru honorer yang memiliki latar belakang pendidikan formal yang bukan berasal dari pendidikan keguruan bahkan ada yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Sehubungan dengan itu, maka permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana problem yang dihadapi guru berlatar belakang pendidikan SMA dalam mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui permasalahan yang dihadapi guru pada MTs Swasta se-Kota Palangka Raya, serta mengetahui bagaimana cara guru dalam mengatasi problem yang dihadapinya guna meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah guru honorer yang berlatar belakang pendidikan SMA yang berjumlah 12 orang yang bertugas pada 6 MTs Palangka Raya, yaitu MTs Hayatul Islamiyah, MTs Al-Amin Banturung, MTs Darul Amin, MTs Islamiyah, MTs Raudhatul Jannah, dan MTs Fathul Jannah.
Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa guru berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) pada MTs Swasta se-Kota Palangka Raya menemui berbagai macam problemdalam mengajar yang terdiri dari problem dalam mempersiapkan pelajaran, problem dalam menggunakan metode pembelajaran, problem dalam memanfaatkan media pembelajaran, dan problem dalam mengadakan evaluasi. Untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya guru melakukan berbagai upaya, yaitu belajar dengan guru lain dalam mempersiapkan pelajaran, menyesuaikan metode dengan materi yang diajarkan, berinisiatif mencari media lain yang berhubungan dengan pelajaran, dan memberikan tugas tambahan pada siswa yang memiliki nilai rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:32
Last Modified: 24 Apr 2024 07:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5468

Actions (login required)

View Item View Item