Saleh, Muhammad Nur (2016) Penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi M. Nursaleh.pdf Download (995kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan strategi dalam pembelajaran merupakan salah satu penunjang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Kondisi lingkungan dan keprofesionalitas guru PAI berpengaruh terhadap strategi pembelajaran agama Islam yang diterapkan pada peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana latar belakang guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur (2) Bagaimana cara guru menentukan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur. (3) Bagaimana cara guru menggunakan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur. (4) Bagaimana mengevaluasi siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) latar belakang guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur. (2) cara guru menentukan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur. (3) cara guru menggunakan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur. (4) cara mengevaluasi siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Kota Besi Kotawaringin Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan sebagai informannya adalah 4 orang siswa dari kelas XI IPS I dan XI IPS II dan juga kepala sekolah.Objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran PAI di SMANegeri 1 Kota Besi.Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latar belakang guru yang mengajar PAI di SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur adalah lulusan dari pendidikan Bimbing dan Konseling. (2) Guru PAI yang mengajar di SMA Negeri 1 Kota Besi dalam menentukan strategi pembelajaran berdasarkan materi yang akan diajarkan. (3) Gurumenggunakan strategi pembelajaran yang telah ditentukan akan tetapi kurang sesuai dengan RPP yang telah disusun sebelumnya (4) Penilaian/evaluasi guru pada pembelajaran PAIsudah cukup baik karena telah menggunakan dua teknik penilaian yaitu teknik penilaian tes lisan dan tes tertulis selain itu hasil penilaian disampaikan kepada siswa sebagai umpan balik untuk pembelajaran selanjutnya dan bahan evaluasi belajar siswa.
ABSTRACT
Employing of strategy in learning is one of the supporting to realize aimed the desired. Strategi of learning do by a teachermust be approupriate with condition and the needs of students. Condition of area and profesionalitas a teacher of Islamic education is to have influentalto strategy learning of Islamic education which applied to students.
The problems of this study are 1) How is the background of teacher who teach of Islamic educatoin at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. (2) How method of teacher determined about strategy learning of Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. (3) How method of teacher make use of strategy learning of Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. (4) How to evaluate students in Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur.
The objectives of study are to know: (1) Backround of teacher wo1 teach of Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. (2) method of teacher determined about strategy learning of Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. (3) method of teacher make use of strategy learning of Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. (4) method to evaluate students in Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur.
This study used descriptive qualitative approach which resulting descriptive data. The subject of the study was an PAI teacher. While the informants are 4 students of XI grade IPS 1 and XI grade IPS 2. The object of study was the implementation of strategi learning of Islamic education at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur. The data was collected by using observation, interview and documentation. The data was analyzed by using data reduction, data display and conclusion.
Result of the study was: (1) background of teacher who teach PAI at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur is graduated of guidance counseling education and not graduated of Islamic education. (2) teacher of PAI who teach at SMA Negeri 1 Kota Besi Kotawaringin Timur in make certain about strategy be based on the material that will be thaught. (3) teacher used strategy learning that have been determined but the lack of appropriate with the design of the implementation of learning (RPP) who has been drafted before. (4) evaluation of teacher in material PAI already good enough because it has been using two technique of judgment, namely the judgment is assessment of the test oral and assessment of the test written. In addition the result of the judgment delivered to students as feedback the next ti the learning and the evaluation of students learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Guru PAI; pembelajaran; ayat-ayat Al-Quran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 07:30 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:30 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/545 |
Actions (login required)
View Item |