Purnamasari, Ratu (2022) Pengaruh kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah perempuan terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
TESIS - Ratu Purnamasari & 18013244.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena tingginya proporsi kepala sekolah perempuan dibandingkan dengan laki-laki ditingkat SMKN kota Palangka Raya, yang tentunya memiliki kelebihan maupun kekurangan baik dari segi kepemimpinan maupun komunikasi yang terjalin di lingkungan kerja. Keadaan ini tentunya dapat mempengaruhi kinerja pegawai. Fakta dilapangan ditemukan bahwa ada guru yang mengajar tidak mengunakan RPP, hanya manggunakan buku paket saja bahkan ada guru yang belum selesai menyiapkan materi pelajaran pada saat pelajaran sudah harus dilaksanakan. Hal ini menggmbarkan masih rendahnya kualitas kepemimpinan dan komunikasi yang dilmiliki oleh pemimpin di SMK kota Palangka Raya . Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah perempuan terhadap kinerja guru SMK Negeri di Palangka Raya?, 2) Apakah ada pengaruh komunikasi kepala sekolah perempuan terhadap kinerja guru SMK Negeri di Palangka Raya?, 3) Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah perempuan terhadap kinerja guru SMK Negeri di Palangka Raya?
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif yang dilakukan di seluruh SMK Negeri Palangka Raya. Sampel penelitian ini berjumlah 159 orang yang terdiri dari 5 kepala sekolah dan 154 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, pengabsahan data menggunakan uji normalitas dan multikolinearitas, pengujian hepotesis dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Palangka Raya, hal ini berdasarkan nilai perhitungan pada Uji t dengan hasil thitung 4,111 lebih besar dari nilai ttabel 1,975. Begitu juga dengan nilai signifikansi yang yang menunjukan angka 0,000 lebih rendah daripada 0.05. 2) Komunikasi Kepala Sekolah Perempuan berpengaruh positif Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Palangka Raya, hal ini berdasarkan hasil perhitungan pada Uji t dengan hasil thitung sebesar 2,997 lebih besar dari nilai ttabel 2,022. Begitu juga dengan nilai signifikansi yang yang menunjukan angka 0,000 lebih rendah daripada 0.05. 3) Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dan Komunikasi Kepala Sekolah Perempuan berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Palangka Raya, hal ini berdasarkan hasil perhitungan pada Uji f diperoleh angka Fhitung 7,233 dimana nilai ini lebih besar dari Ftabel 3,23 selanjutnya jika dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,002 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05.
ABSTRACT
This research is motivated by the phenomenon of the high proportion of female principals compared to men at the SMKN Palangka Raya level, which of course has advantages and disadvantages both in terms of leadership and communication that exists in the work environment. This situation can certainly affect employee performance. Facts in the field found that there were teachers who taught not using lesson plans, only using textbooks and even some teachers who had not finished preparing the subject matter when the lesson had to be implemented. This illustrates the low quality of leadership and communication possessed by leaders at SMK Palangka Raya City. Based on this, the formulation of the research problem is 1) Is there any influence of female principals' leadership on the performance of State Vocational High School teachers in Palangka Raya?, 2) Is there any influence of female principals' communication on the performance of State Vocational High School teachers in Palangka Raya?, 3) Are there any the influence of female principals' leadership and communication on the performance of State Vocational High School teachers in Palangka Raya?
This research is a quantitative research conducted in all SMK Negeri Palangka Raya. The sample of this study amounted to 159 paticipant consisting of 5 principals and 154 teachers. Data collection techniques using questionnaires, validation of data using normality and multicollinearity tests, hypothesis testing using multiple linear regression, t test and F test.
The results of this study are: 1) Female Principal Leadership has a positive effect on the performance of State Vocational High School teachers in Palangka Raya City, it is based on the calculated value on the t-test with the result of tcount 4.111 greater than ttable value 1.975. Likewise with the significance value which shows the number 0.000 is lower than 0.05. 2) Female Principal Communication has a positive effect on the performance of State Vocational High School teachers in Palangka Raya City, it is based on the results of calculations on the t-test with tcount results of 2,997 which is greater than ttable value of 2,022. Likewise with the significance value which shows the number 0.000 is lower than 0.05. 3) Female Principal Leadership and Female Principal Communication have a positive effect on the Performance of State Vocational High School Teachers in Palangka Raya City, it is based on the results of calculations in the f-test obtained by the F count 7.233 where this value is greater than F table 3.23 furthermore when viewed from the value The significance obtained is 0.002 where this value is smaller than 0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 05:06 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 05:06 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5353 |
Actions (login required)
View Item |