Bastian, Evan (2022) Evaluasi implementasi materi pembelajaran al-islam dan kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
TESIS EVAN BASTIAN & 19013270.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sebagai lembaga pendidikan Muhammadiyah, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dalam setiap aktivitas pembelajarannya tidak lepas dari karakter dan pemikiran Muhammadiyah, terutama pada pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang menjadi salah satu ciri khas di sekolah Muhammadiyah yang dalam implementasinya perlu perhatian khusus dan menjadi indikator sejauh mana sekolah Muhammadiyah dapat mencapai tujuan pendidikan Muhammadiyah, sehingga perlu diteliti untuk menemukan hal- hal yang perlu dievaluasi dalam implementasinya.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengevaluasi implementasi materi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya disusun dengan melakukan penyesuaian berdasarkan kebutuhan pendidikan Muhammadiyah, sedangkan implementasinya sudah baik karena tetap memperhatikan unsur-unsur ataupun tujuan dari kurikulum ISMUBA, sehingga tetap berjalan sesuai dengan ketentuan dan kriteria dalam standar isi, standar proses dan standar guru yang telah ditetapkan dalam kurikulum ISMUBA. Meskipun masih terdapat beberapa hal yang belum terpenuhi dan adanya kendala dapat dikatakan bisa teratasi dengan kebijakan yang telah dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Dengan hasil tersebut, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dinilai sudah memenuhi kriteria untuk mengimplementasikan materi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sepenuhnya sesuai dengan standar kurikulum ISMUBA.
ABSTRACT
As a Muhammadiyah educational institution, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya High School in every learning activity cannot be separated from the character and thoughts of Muhammadiyah, especially in learning Al-Islam and Kemuhammadiyahan which is one of the characteristics in Muhammadiyah schools which in its implementation needs special attention and becomes an indicator. the extent to which Muhammadiyah schools can achieve Muhammadiyah educational goals, so it needs to be researched to find things that need to be developed in their implementation.
The purpose of this research is to describe, analyze and evaluate the implementation of Al-Islam and Kemuhammadiyahan learning material at SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.
This research uses qualitative approach. Data collection techniques are observation, interview, and documentation in this research.
The results showed that the implementation of Al-Islam and Kemuhammadiyahan were prepared by making adjustments based on the educational needs of Muhammadiyah, while the implementation was good because they still paid attention to the elements or objectives of the ISMUBA curriculum, so that it continued to run according to the provisions and criteria. in content standards, process standards and teacher standards that have been set in the ISMUBA curriculum. Although there are still some things that have not been fulfilled and the obstacles can be said to be resolved with the policies that have been carried out by SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. With these results, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya is considered to have met the criteria for implementing Al-Islam and Kemuhammadiyah learning materials in full accordance with ISMUBA curriculum standards.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Islam dan Kemuhammadiyahan |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:46 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:58 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5351 |
Actions (login required)
View Item |