Pengaruh suasana kafe dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Kopi Jos Palangka Raya

Kusbiyanto, April Heri (2022) Pengaruh suasana kafe dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Kopi Jos Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS April Heri Kusbiyanto - 2010150093.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Seiring dengan arus pertumbuhan kafe di kota Palangka Raya, para pemilik usaha kafe dituntut untuk menghadirkan keunikan pada usaha mereka agar dapat ikut bersaing secara kompetitif untuk menarik minat beli konsumen agar dapat berkunjung pada kedai kopi mereka. Kopi Joss merupakan salah satu kafe dikota Palangka Raya yang menawarkan berbagai menu pilihan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana suasana kafe dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen kopi Joss. Penelitian ini ingin mngetahui tiga hal, yaitu: 1) Suasana kafe berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Joss? 2) Kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Joss? 3) Suasana kafe dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Joss?.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kafe Kopi Joss. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan aplikasi SPSS (Statistikal Package for the Social Sciens).

Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial terdapat pengaruh signifikansi antara Suasana Kafe (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat suasana kafe, maka semakin tinggi tingkat keputusan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. 2) Secara parsial terdapat pengaruh signifikansi antara Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat kualitas produk, maka semakin tinggi juga tingkat keputusan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. 3) Secara simultan, suasanan kafe dan kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu sinergi antara kedua variabel ini akan meningkatkan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.

ABSTRACT

Along with the growing flow of cafes in the city of Palangka Raya, cafe business owners are required to present a uniqueness to their business in order to compete competitively to attract consumer buying interest so that they can visit their coffee shop. Kopi Joss is one of the cafes in the city of Palangka Raya that offers a variety of menu choices.The purpose of this research is to see to what extent the cafe atmosphere and product quality influence the purchasing decisions of Joss coffee consumers. This research wants to know three things, namely: 1) The atmosphere of the cafe have a partially significant effect on consumer purchasing decisions for Kopi Joss? 2) Product quality have a partially significant effect on consumer purchasing decisions for Kopi Joss? 3) The cafe atmosphere and quality of the product has a significant simultaneous effect on consumer purchasing decisions at Kopi Joss?

The population in this study were all consumers of cafe Kopi Joss. The sampling technique used purposive sampling, data obtained by distributing questionnaires to 100 respondents. The data analysis technique in this study is using the SPSS application (Statistikal Package for the Social Sciens).

The results show that: 1) Partially there is a significant effect between Cafe Atmosphere (X1) on Purchase Decision (Y). This shows that the higher the level of the cafe atmosphere, the higher the level of consumer decisions to make purchasing decisions. 2) Partially there is a significant effect between Product Quality (X2) on Purchase Decision (Y). This shows that the higher the level of product quality, the higher the level of consumer decisions to make purchasing decisions. 3) Simultaneously, cafe atmosphere and product quality have a significant influence on purchasing decisions. Therefore, the synergy between these two variables will increase the consumer's decision to make a purchase.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian ; Kualitas produk
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:53
Last Modified: 07 Feb 2024 07:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5338

Actions (login required)

View Item View Item