Putri, Aprilia (2022) Manajemen hubungan masyarakat dalam branding unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI APRILIA PUTRI & 1801160087.pdf Download (2MB) |
Abstract
Branding menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi madrasah. Madrasah perlu menampilkan proses pelayanan pendidikan melalui atribut kegiatan belajar mengajar yang unik, kepuasan belajar, prestasi belajar, mutu lulusan, dan yang terpenting dalan penelitian ini yakni mutu pembelajaran khususnya bidang akademik yang mana merek tersebut perlu tersampaikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program dari humas dalam branding unggulan di MTsN 1 Kota Palangka Raya baik dari segi manajemen, hasil yang dicapai, faktor pendukung dan penghambat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Subjek penelitian adalah Wakil Kepala Madrasah Bagian Humas, dan informan pendukung adalah Kepala Madrasah, dan Orang Tua siswa yang berada di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan program humas mencakup program humas lanjutan dari humas sebelumnya. Ada penambahan kegiatan kehumasan yaitu pembuatan agenda untuk harian, mingguan, dan bulanan sebagai target publikasi humas di sosial media dan lainnya; dan 2) pelaksanaan program humas, hasil yang dicapai humas dalam branding unggulan madrasah yaitu meningkatkan kreatifitas dalam publikasi branding madrasah unggulan bidang akademik. Data yang di branding oleh humas MTsN 1 Kota Palangka Raya banyak terutama berkaitan dengan prestasi akademik dan prestasi non akademik yang didapat oleh para siswa-siswi MTsN 1 Kota Palangka Raya dari tahun ke tahun. Ini diperuntukkan sebagai acuan atau gambaran kuliatas mutu yang sudah dimiliki oleh MTsN 1 Kota Palangka Raya, sesuai dengan data yang ada di pemaparan data banyak sekali prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa-siswi MTsN 1 Kota Palangka Raya sangat menonjol baik itu skala lokal, regional, bahkan nasional.
ABSTRACT
Branding is one of the most important things for Madrasah. Madrasah need to display the educational service process through the attributes of unique teaching and learning activities, learning satisfaction, learning achievement, quality of graduates, and most importantly in this study, namely the quality of learning, especially in the academic field where the brand needs to be conveyed to the public. This study aims to determine the program of public relations in superior branding at MTsN 1 Palangka Raya both in terms of management, results achieved, supporting and inhibiting factors.
This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The place of research is MTsN 1 Palangka Raya City. The research subject was the Deputy Head of Madrasah Public Relations, and the supporting informants were the Head of Marasah, and Parents of student who were in MTsN 1 Palangka Raya City. Collecting data using observation, interview, and documentation techniques. Data analysis is done by collecting data, reducing data, presenting and drawing conclusions. The validity of the data is done by using source triangulation and method triangulation.
These findings indicate that: 1) the planning of the public relations program includes an advanced public relations program from the previous public relations program. There are additional public relations activities, namely making daily, weekly, and monthly agendas as targets for public relations publications on social media and others; and 2) the implementation of public relations programs, the results achieved by public relations in the superior branding of madrasas are increasing creativity in the publication of superior madrasa branding in the academic field. The data branded by public relations at MTsN 1 Kota Palangka Raya City is mainly related to academic and non-academic achievements obtained by students of MTsN 1 Kota Palangka Raya City from year to year. This is intended as a reference or description of the quality that is already owned by MTsN 1 Kota Palangka Raya City, according to the data presentation, the many achievements achieved by students of MTsN 1 Kota Palangka Raya City are very prominent both on a local, regional scale, even national.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Hubungan Masyarakat; Branding Madrasah |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:20 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:20 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5326 |
Actions (login required)
View Item |