Strategi komunikasi humas man kota palangka raya dalam meningkatkan animo calon peserta didik pada MAN Kota Palangka Raya

Muhammad, Irfani (2022) Strategi komunikasi humas man kota palangka raya dalam meningkatkan animo calon peserta didik pada MAN Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Irfani & 1803110441.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi komunikasi merupakan suatu cara untuk mengatur pelaksanaan sebuah proses komunikasi baik secara individu maupun organisasi. Humas MAN Kota Palangka Raya merupakan salah satu bagian dari organisasi di MAN Kota Palangka Raya yang khusus untuk memberikan layanan informasi dan membangun komunikasi baik secara internal maupun eksternal kepada lembaga, organisasi maupun masyarakat. Humas MAN Kota Palangka Raya tentu memiliki strategi tersendiri untuk menarik perhatian masyarakat khususnya calon peserta didik pada MAN Kota Palangka Raya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi Humas MAN Kota Palangka Raya dalam meningkatkan animo calon peserta didik pada MAN Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Humas MAN Kota Palangka Raya dalam meningkatkan animo calon peserta didik pada MAN Kota Palangka Raya yaitu menggunakan strategi komunikasi dengan metode informatif yang menjadikan media sosial sebagai sarana utama dalam melakukan promosi. Adapun faktor pendukung Humas MAN Kota Palangka Raya dalam menerapkan strategi komunikasinya adalah media komunikasi yang beragam dan sumber daya manusia yang memadai sedangkan faktor penghambatnya adalah hambatan secara teknis dan perbedaan pola pikir masyarakat.

ABSTRACT

A communication strategy is a way to arrange the implementation of the communication process individually or organization. The Public Relations of MAN Kota Palangka Raya is part of an organization in MAN Kota Palangka Raya to provide information and build good internal or external communication for institutions, organizations, and society. The Public Relations of MAN Kota Palangka Raya surely has its strategy to attract society's interest, especially the prospective students.

The research objectives are to know and explain the communication strategy used by Public Relations from MAN Kota Palangka Raya to increase prospective students' interest. This research was qualitative and descriptive with a communication approach. Then data collection techniques used interviews, observation, and documentation. The following data analysis technique used the Miles and Huberman model.

The result showed that the communication strategy used by Public Relations of MAN Kota Palangka Raya to increase prospective students' interest was informative and made social media the primary tool to promote. The supporting factor in implementing their strategy was various communication media and adequate human resources in comparison, the inhibitor factors were technical disturbance and different society mindset.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Dakwah > Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:00
Last Modified: 31 Jan 2024 08:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item