Peran orang tua dalam pembelajaran daring mata pelajaran pai di SMP Negeri 2 Seruyan Hilir Timur

Ariyani, Mita (2022) Peran orang tua dalam pembelajaran daring mata pelajaran pai di SMP Negeri 2 Seruyan Hilir Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MITA ARIYANI-1701112214.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran orang tua dalam mendampingi anak dalam belajar di rumah selama pembelajaran daring menjadi tantangan tersendiri untuk para orang tua. Orang tua harus mampu berperan dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring. namun, realita yang terjadi menunjukkan bahwa orang tua tidak berperan dengan optimal terhadap anaknya dalam pembelajaran daring dikarenakan orang tua sibuk dengan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Seruyan Hilir Timur, 2) Mengetahui kendala dan solusi orang tua dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Seruyan Hilir Timur. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian adalah 6 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Selanjutnya analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Hasil penelitian: (1) Peran orang tua dalam pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Seruyan Hilir Timur yaitu orang tua sebagai guru di rumah tidak berperan dengan optimal karena mereka hanya mengajari anaknya belajar jika ada waktu luang dan sedang tidak sibuk. Orang tua sebagai fasilitator berperan dengan menyediakan fasilitas belajar seperti HP, alat tulis, dan fasilitas belajar lainnya. Orang tua sebagai motivator berperan dengan memberikan motivasi, semangat kepada anaknya agar belajar dengan rajin. Selanjutnya, orang tua sebagai pengarah/director berperan dengan memberikan arahan-arahan kepada anaknya agar belajar terlebih dahulu sebelum melaksanakan aktivitas lainnya. (2) Kendala orang tua dalam pembelajaran daring yaitu kesulitan orang tua dalam mengatur waktu karena sibuk bekerja, kurangnya pemahaman orang tua pada materi PAI, kesulitan dalam membujuk anak untuk belajar, kurangnya penguasaan dalam mengoperasikan gawai, dan kurangnya kesabaran dalam mendampingi anak dalam pembelajaran daring. Sedangkan solusi yang diberikan oleh orang tua yaitu orang tua akan mengajari dan mendidik anaknya di rumah jika sedang tidak sibuk, orang tua dan anaknya sama-sama belajar tentang materi yang kurang dipahami melalui google, orang tua harus bisa membujuk anaknya untuk belajar selama di rumah, orang tua akan belajar lagi dalam mengoperasikan gawai, orang tua harus bisa sabar dalam mendampingi belajar anaknya, dan orang tua menyambungkan jaringan wifi untuk belajar anak selama di rumah.

ABSTRACT

The roles of parent in accompanying children at home during online learning were a challenge for parent. Parents must be able to play a role in accompanying children during online learning. However, the reality showed that parents did not optimally accompany their children in online learning because they were busy because of their works. This research aims to: 1) describe the roles of parent in online learning of Islamic studies subject at SMPN 2 Seruyan Hilir Timur, 2) recognize the obstacles and solutions for parents in online learning of Islamic studies subject at SMPN 2 Surayan Hilir Timur.

This research used descriptive qualitative method, the subjects were 6 parents. The data collection techniques were observation, interviews, and documentation, while the data were validated through triangulation technique of data sources. Furthermore, data analyses used data collection, data reduction, data presentation, and verification.

The results were: (1) the parents’ roles in online learning of Islamic studies subject at SMPN 2 Seruyan Hilir Timur, namely parents as teacher at home did not optimally accompany their children to study when they had free time or were not busy. Parents as facilitators should play a role by providing learning facilities such as cell phones, stationery, and other learning facilities. (2) Obstacles of parents in online learning were: parents managed time difficulty because of their busy work, lack of parents’ understanding on Islamic studies subject, difficulty in persuading their children to learn, lack of mastery in operating gadgets, and lack of patience in accompanying their children in online learning. While the solution given by parent were; parent would teach and educate their children at home when they were not busy, parents and their children learned about material which did not understand together through google, parents must be able to persuade their children to learn at home, parents should learn how to operate headphone, parents must be patient in accompanying their children’s learning, and parents provided wife network facilities at home for children’s learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring; Pembelajaran PAI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:09
Last Modified: 24 Jan 2024 08:09
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item