Fitriana, Liani (2022) Pelaksanaan bimbingan pendidikan agama islam bagi mualaf dalam mempertahankan keimanan di MCI (Mualaf Center Indonesia) Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Liani Fitriana 1801112323.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari observasi peneliti, bahwa permasalahan terbesar yang dialami mualaf saat ini adalah minimnya wadah bagi mereka untuk lebih memperdalam pemahaman agama Islam. Padahal mualaf perlu mendapatkan bimbingan dan pengajaran tentang nilai-nilai Islam secara intensif agar mereka konsisten mempertahankan keimanannya. Karenanya rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan pendidikan agama Islam bagi mualaf dalam mempertahankan keimanan di MCI (Mualaf Center Indonesia) Palangka Raya? (2) Apa saja kendala-kendala pada pelaksanaan bimbingan pendidikan agama Islam bagi mualaf dalam mempertahankan keimanan di MCI (Mualaf Center Indonesia) Palangka Raya? (3) Bagaimana solusi mengatasi kendala-kendala pada pelaksanaan bimbingan pendidikan agama Islam bagi mualaf dalam mempertahankan keimanan di MCI (Mualaf Center Indonesia) Palangka Raya?
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang mualaf MCI Palangka Raya dengan 2 orang pemateri dan 4 orang pengurus sebagai informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah collection data, reduction data, display data, dan conclusion drawing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan bimbingan pendidikan agama Islam di MCI Palangka Raya berjalan baik sesuai dengan penjadwalan yang disusun (2) Kendala-kendala pada pelaksanaan bimbingan pendidikan agama Islam bagi mualaf dalam mempertahankan keimanan di MCI Palangka Raya yang berasal dari dalam diri mualaf yaitu terbatasnya transportasi untuk berangkat bimbingan, jarak tempat bimbingan yang jauh dari tempat penelitian dan jadwal bimbingan yang sering bentrok dengan pekerjaan lain. Kendala yang berasal dari keluarga mualaf yaitu masih mendapat tentangan dari orang tuanya sejak mulai berislam sampai sekarang, dilarang untuk mengikuti bimbingan di MCI Palangka Raya. Kendala dari lingkungan mualaf yaitu dijauhi teman-teman dekat di agama sebelumnya (3) Solusi mengatasi kendala-kendala yang berasal dari dalam diri, keluarga dan lingkungan mualaf adalah tetap teguh dalam iman, tetap istiqamah dan selalu semangat mempelajari agama Islam lebih dalam.
ABSTRACT
This study departs from the researcher's observations, that the biggest problem experienced by converts today is the lack of a forum for them to further deepen their understanding of Islam. Where as mualaf need to get intensive guidance and teaching about Islamic values so that they are consistently maintain their faith. Therefore the formulation of the problem in this research is (1) How is the implementation of Islamic religious education guidance for converts in maintaining faith at MCI (Indonesian Convert Center) Palangka Raya? (2) What are the obstacles in the implementation of Islamic religious education guidance for converts in maintaining faith at MCI (Indonesian Convert Center) Palangka Raya? (3) What is the solution to overcome the obstacles in the implementation of Islamic religious education guidance for converts in maintaining faith at MCI (Indonesian Convert Center) Palangka Raya?
This research is a research that uses descriptive qualitative method. The subjects in this study were 5 converts to MCI Palangka Raya with 2 presenters and 4 administrators as informants. Data collection techniques in this study using observation, interviews and documentation. Validation of the data in this study is triangulation of sources. The data analysis used in this research is data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.
The results of this study indicate that (1) the implementation of Islamic religious education guidance at MCI Palangka Raya went well according to the schedule prepared (2) The obstacles in the implementation of Islamic religious education guidance for converts to maintain faith in MCI Palangka Raya that came from within themselves. converts, namely there is often no transportation to go for guidance, the distance from the place of guidance is far from the place of research and the schedule of guidance often clashes with other jobs. The obstacle that comes from converting families is that they still get opposition from their parents since they started Islam until now, they are prohibited from taking guidance at MCI Palangka Raya. Constraints from the converts' environment, namely being shunned by close friends in their previous religion (3) The solution to overcome obstacles that come from within themselves, their families and the converts' environment is to remain firm in faith, remain istiqomah and always be enthusiastic about studying Islam more deeply.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan PAI; Mualaf |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:41 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:41 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5271 |
Actions (login required)
View Item |