Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi omar dan hana dalam perspektif teori belajar humanistik

Hasanah, Sayyidatul (2022) Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi omar dan hana dalam perspektif teori belajar humanistik. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SAYYIDATUL HASANAH & 1801112251.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akhlak merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, karena seseorang yang berakhlak artinya memiliki tolak ukur terhadap kualitas kepribadian dalam dirinya. Untuk membentuk akhlak yang baik diperlukan suatu proses pendidikan akhlak. Adanya pendidikan akhlak akan terbina sikap dan perilaku yang mulia dalam setiap kepribadian individu. Pendidikan akhlak dapat ditanamkan melalui berbagai cara dan media, salah satunya melalui kecanggihan teknologi. Teknologi yang dapat dikatakan tidak baru dan berkembang pesat adalah sebuah film. Salah satu film yang mengibur dan juga mendidik masa kini adalah film animasi Omar dan Hana. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana film animasi Omar dan Hana?, 2. Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi Omar dan Hana?, 3. Bagaimana perspektif teori belajar humanistik terhadap nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi Omar dan Hana?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu menggunakan studi pustaka (library research). Tempat penelitian ini bertempat di UPT Perspustakaan IAIN Palangka Raya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumenter. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis semiotika Roland Barthes.

Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Film animasi Omar dan Hana serial anak berbasis Islami yang menunjukan adanya kandungan pesan pendidikan Islami yang meliputi nilai akidah, nilai akhlak dan nilai ibadah 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terbagi menjadi dua bagian yaitu nilai-nilai pendidikan akhlak dan metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak. Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film animasi Omar dan Hana episode “Mulakan dengan Bismillah” dan “Misi Puasa” meliputi: nilai bersyukur, nilai amar ma’ruf nahi mungkar, nilai ikhtiar, nilai sabar dan nilai marah dan metode yang digunakan dalam menanamkan pendidikan akhlak meliputi: metode teladan, metode nasihat, metodeS pembiasaan, metode permainan dan metode targhib 3) Perspektif teori belajar humanistik meliputi: pandangan tentang nilai bersyukur, pandangan tentang nilai amar ma’ruf nahi mungkar, pandangan tentang nilai ikhtiar, pandangan tentang nilai sabar dan pandangan tentang nilai marah, yang secara keseluruhan dipandang memiliki relevansi dengan teori kebutuhan oleh Abraham Maslow sebagai pelopor teori belajar humanistik.

ABSTRACT

Moral is a very important element for a person's life, because someone who has character will have a benchmark for the quality of his personality. In forming morals, it is necessary to process moral education. The existence of moral education will foster noble attitudes and behavior in each individual personality. Moral education can be instilled in various ways and media, one of which is through sophisticated technology. The technology that can be said to be growing rapidly is a film. One of the films that entertains and educates today is the animated film entitled Omar and Hana. The formulation of the problem in this research are: 1. How is the animated film of Omar and Hana? 2. What are the values of moral education in the animated film Omar and Hana? 3. What is the perspective of humanistic learning theory on the values of moral education in the animated film Omar and Hana?

This research uses a qualitative research approach, while the type of research is library research. The place of this research is located at the UPT Library of IAIN Palangka Raya. Sources of data used in this study are primary data and secondary data. Data collection techniques are observation and documentary. The data analysis technique uses semiotic analysis of Roland Barthes.

The results of this study show that 1) The animated film Omar and Hana is an Islamic-based children's series which shows the content of Islamic education messages including the values of faith, moral values, and worship values 2) The values of moral education are divided into two parts, namely moral education, and methods used in moral education. The values of moral education contained in the animated films of Omar and Hana episodes "Start with Bismillah" and "Mission Fasting" include: the value of gratitude, the value of amar ma'ruf nahi mungkar, the value of endeavor, the value of patience, and the value of anger. The methods used in instilling moral education include: exemplary methods, advice methods, habituation methods, game methods, and targhib methods 3) The perspective of humanistic learning theory includes: views on the value of gratitude, views on the value of amar ma'ruf nahi mungkar, views on values effort, views of the value of patience, and views of the value of anger, which as a whole are seen as having relevance to the theory of needs by Abraham Maslow as a pioneer of humanistic learning theory.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
TAJUK SUBJEK ISLAM > Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:50
Last Modified: 18 Jan 2024 07:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item