Rudianur, Rudianur (2022) Penanaman nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pai di SMKN-1 Sampit. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Rudianur & 1801112267.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kalimantan Tengah salah satu kota yang mempunyai toleransi cukup tinggi khususnya di kota sampit yang dimana ada sekolah SMK Negeri 1 Sampit mempunyai toleransi yang cukup tinggi sehingga terciptanya lingkungannya yang damai meskipun mayoritas beragama Islam tetapi di sekolahan tersebut tidak adanya perbedaan antar agama. Dalam hal ini peran guru PAI tidak lepas dalam penanaman nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru PAI dalam meinternalisasikan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI dan 2) peran guru PAI dalam peningkatan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjeknya terdiri tiga orang guru PAI di SMK Negeri 1 Sampit, sedangkan informannya terdiri dari tiga siswa yang berbeda kelas pada setiap perwakilan guru dan satu orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan teknik analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru PAI memasukkan semua nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI contoh bentuk toleransi yang diberikan dalam pembelajaran tidak saling menghina agama lain, menghargai dan menghormati pendapat agama lain. Faktor penghambat dalam menanamkan yaitu tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda sedangkan faktor pendukungnya banyak seperti guru, siswa dan lainnya. 2) guru dalam peningkatan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI dengan menyisipkan setiap materi membahas toleransi, media yang digunakan dalam peningkatan nilai toleransi yaitu gurunya itu sendiri, tidak ada program khusus dalam menguatkan nilai-nilai toleransi, terdapat faktor penghambat dalam menguatkan nilai-nilai toleransi yaitu dari segi pemahaman siswanya yang berbeda-beda sedangkan faktor pendukung berbagai macam aspek dari guru,siswa, fasilitas dan hal lainnya.
ABSTRACT
Central Kalimantan is one of the cities that has a fairly high tolerance, especially in the city of Sampit where there is a SMK Negeri 1 Sampit school which has a high enough tolerance so that it creates a peaceful environment even though the majority are Muslim but in this school there is no difference between religions. In this case, the role of PAI teachers cannot be separated from inculcating the values of tolerance in PAI learning at SMK Negeri 1 Sampit, East Kotawaringin Regency.
This study aims to determine 1) the role of PAI teachers in the process of internalizing tolerance values in PAI learning and 2) the role of PAI teachers in an effort to increase tolerance values in PAI learning at SMK Negeri 1 Sampit East Kotawaringin Regency.
This type of research is qualitative research, The subject consists of three PAI teachers at SMK Negeri 1 Sampit, while the informants consisted of three students from different classes in each teacher representative and one principal. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation, data validation techniques using source triangulation and technical triangulation, while the data analysis technique uses data collection, data reduction, data display, and verification.
The results of this study indicate that 1) PAI teachers include all values of tolerance in PAI learning examples of the forms of tolerance given in learning do not insult each other's religions, respect and respect the opinions of other religions. There are no inhibiting factors in implanting while there are many supporting factors such as teachers, students and others. 2) teachers in strengthening tolerance values in PAI learning by inserting each material discussing tolerance, the media used to strengthen the value of tolerance is the teacher himself, there is no special program in strengthening tolerance values, and there are no inhibiting factors in strengthening tolerance values, while the supporting factors are various aspects from teachers, students, and facilities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI; Nilai Toleransi |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:37 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 04:37 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5246 |
Actions (login required)
View Item |