Efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik (lkpd) elektronik berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar peserta didik di MI Kota Palangka Raya

Alvionita, Safitri (2022) Efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik (lkpd) elektronik berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar peserta didik di MI Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SAFITRI ALVIONITA & 1801170144.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di MIN 1 Kota Palangka Raya dan MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya disimpulkan bahwa belum ada pendamping bahan ajar untuk pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa belum pernah menggunakan tambahan bahan ajar lain seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet di MIN 1 Kota Palangka Raya, 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet di MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya, 3) Efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 1 Kota Palangka Raya, 4) Efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar peserta didik di MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen pola one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah 38 peserta didik kelas VA MIN 1 Kota Palangka Raya dan 30 peserta didik kelas VB MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya. Sampel diberikan perlakuan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan sebelum dan setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet kelas VA MIN 1 Kota Palangka Raya pada kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain 0,48 dan uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Terdapat perbedaan sebelum dan setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet kelas VB MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya pada kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain 0,59 dan uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet pada kelas VA MIN 1 Kota Palangka Raya dengan hasil uji Effect Size sebesar 2,76 dalam kategori sangat tinggi. 4) Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar peserta didik kelas VB MIS Nahdlatul Ulama Kota Palangka Raya dengan hasil uji Effect Size sebesar 2,82 dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis liveworksheet efektif terhadap hasil belajar peserta didik.

ABSTRACT

Based on the observations and interviews conducted at MIN 1 Palangka Raya city and MIS Nahdhatul Ulama Palangka Raya, it was concluded that there was no companion material books for learning. It showed that they had never used other additional teaching materials such as electronic student worksheet (LKPD) based on livework sheet.
The research aims to determine: 1) differences of student learning outcomes before and after using electronic student worksheet based on liveworksheet at MIN 1 Palangka Raya city, 2) differences of student learning outcomes before and after using electronic student worksheet based on liveworksheet at MIS Nahdlatul Ulama Palangka Raya city, 3) effectiveness of using electronic student worksheet based on liveworksheet towards student learning outcomes at MIN 1 Palangka Raya city, 4) effectiveness of using electronic student worksheet based on liveworksheet towards student learning outcomes at MIS Nahdlatul Ulama Palangka Raya city.

This research used a quantitative approach. The research method was a pre-experimental one group pretest-posttest design pattern. The samples were 38 students of V-A class at MIN 1 Palangka Raya city, and 30 students of V-B class at MIS Nahdlatul Ulama Palangka Raya city. The samples had been treated using electronic student worksheet based on liveworksheet.

The result showed that: 1) there was a difference of outcomes before and after using electronic student worksheet based on liveworksheet at V-A class MIN 1 Palangka Raya city, it was in medium category with an average value of N-Gain 0.48 and the Wilcoxon test showed a significance value of < 0, 05 was 0,000. 2) there was a difference of outcomes before and after using electronic student worksheet based on liveworksheet at V-B class MIS Nahdlatul Ulama Palangka Raya city, it was in the medium category with an average value of N-Gain 0,59 and Paired Sample T-Test showed a significance value of < 0,05 was 0,000. 3) the effectiveness of electronic student worksheet based on liveworksheet at V-A class MIN 1 Palangka Raya city with an Effect Size test result of 2,76 was in the greatest category. 4) the effectiveness of electronic student worksheet based on liveworksheet at V-B class MIS Nahdlatul Ulama Palangka Raya city with an Effect Size test result of 2,82 was in the greatest category. Based on the research results, it concluded that the student worksheet based on liveworksheet was effective on student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran ; Pembelajaran tematik
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:00
Last Modified: 11 Jan 2024 03:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item