Ratul, Ratul (2022) Pengembangan media video pada pembelajaran tematik kelas iii di MIN 2 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI RATUL &1701170075.pdf Download (2MB) |
Abstract
Selama masa pandemi Covid-19 dunia pendidikan mengalami perubahan, sehingga proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan secara daring. Pada saat pembelajaran para guru dituntut untuk mampu mendesain pembelajaran daring maupun luring yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Media dapat membantu guru untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran, serta dapat memotivasi peserta didik dalam belajar. Sehingga dengan adanya media dalam proses belajar mengajar materi pelajaran yang disampaikan mudah untuk dipahami dan diterima dengan baik oleh peserta didik. Salah satunya adalah seperti menggunakan media video yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran daring. Maka dengan demikian perlu adanya pengembangan media video pada pembelajaran tematik kelas III di MIN 2 Kota Palangka Raya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media video pada pembelajaran tematik kelas III di MIN 2 Kota Palangka Raya, (2) mengetahui kelayakan media video pada pembelajaran tematik kelas III di MIN 2 Kota Palangka Raya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Angket diberikan kepada ahli media, ahli materi sebagai validator, guru, dan peserta didik kelas III di MIN 2 Kota Palangka Raya yang berjumlah 24 orang. Uji coba lapangan dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil yang berjumlah 6 orang siswa dan uji coba kelompok besar berjumlah 18 orang siswa.
Hasil penelitian yaitu (1) Pengembangan media video pada pembelajaran tematik kelas III di MIN 2 Kota Palangka Raya telah dilakukan sesuai dengan prosedur model pengembangan ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluasi. (2) Kelayakan pengembangan media video pada pembelajaran tematik tematik kelas III di MIN 2 Kota Palangka Raya menurut: a) Ahli media persentase akhir diperoleh 91,76% termasuk kategori sangat layak; b) Validasi ahli materi persentase diperoleh 92,22% termasuk kategori sangat layak; c) Hasil respon guru kelas III persentase diperoleh 80,00% termasuk kategori layak; d) Uji coba kelompok kecil persentase diperoleh 80,00% termasuk kategori layak; e) Uji coba kelompok besar persentase diperoleh 83,11% termasuk kategori sangat layak.
ABSTRACT
The world of education has undergone changes during the Covid-19 pandemic, so that the learning process at school was online implemented. At that time, the learning required the teachers to be able to design the learning materials to support online and offline activities. Media can help the teacher to deliver materials in the learning process, and motivate students in learning. The media also helps the students to understand the materials easily. One of the media is a video. The video is able to support the online learning process. Thus, it is necessary to develop Thematic Learning Video Media at grade III MIN 2 Palangka Raya city.
This research aims to (1) produce the video product of thematic learning at grade III MIN 2 Palangka Raya city. (2) recognize the feasibility of thematic learning video media at grade III MIN 2 Palangka Raya city. It used research and development (R&D) method. The data collection techiniques were observation, interviews, documentation, and questionnaires. The Questionnaires were given to the media experts, material compiler experts as validators, teachers, and students of grade III MIN 2 Palangka Raya city. The numbers of responses were 24 people. Field trials were conducted in two stages, namely small group trials totaling 6 students and large group trials totaling 18 students.
The results were; (1) the development of thematic learning video media at grade III MIN 2 Palangka Raya had been implemented according to the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). (2) the feasibility of thematic learning video media at grade III MIN 2 Palangka Raya according to: a) media experts, the final percentage obtained was 91, 76% including the very feasible category; b) The percentage of material expert validation obtained was 92.22% including the very feasible category; c) The results of the third grade teacher response percentage obtained was 80.00% including the appropriate category; d) Small group trial percentage obtained was 80.00% including eligible category; e) The large group trial percentage obtained was 83.11% including the very feasible category.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media video |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 02:44 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 02:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5225 |
Actions (login required)
View Item |