Astuti, Mirna (2022) Pengembangan media wayang pada pembelajaran ski kelas iv MIN 2 Barito Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Mirna Astuti & 1801170178.pdf Download (3MB) |
Abstract
Media Media Pembelajaran adalah sesuatu yang penting perannya termasuk dalam proses pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran materi yang sebelumnya sulit untuk dipahami atau bahkan bersifat abstrak mejadi konkrit dengan adanya bantuan dari media pembelajaran. Dengan adanya media wayang dapat membantu pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media wayang pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (2) mendeskripsikan kevalidan produk media wayang pada pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam (3) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media wayang pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini menggunakan mentode R&D dengan model four-D yang dengan tahapan-tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dissemination (penyebarluasan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta penyebaran angket. Instrument pengumpulan data berupa 4 buah angket yang disebarkan, diantaranya; angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon pendidik pada wali kelas IV MIN 2 Barito Utara dan guru mata pelajaran SKI kelas IV MIN 2 Barito Utara, angket respon peserta didik dengan jumlah 17 orang yang dilakukan di MIN 2 Barito Utara.
Hasil penelitian ini ialah: 1) pengembangan media wayang telah melalui tahapan define melalui analisis kebutuhan, analisis materi, analis peserta didik dan analisis pembelajaran, tahap design atau merancang media wayang dengan membuat desain pada background dan empat tokoh wayang serta development melalui tahap validasi oleh ahli terhadap media wayang yang dikembangkan serta dissemination penyebarluasan dengan memperkenalkan produk yang telah dikembangan; 2) Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh 98,60% dengan kategori sangat layak. Validasi oleh ahli media diperoleh 97,05% dengan kategori sangat layak; 3) Dari hasil respon pendidik diperoleh 85% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik diperoleh 94% dengan kategori sangat layak.
ABSTRACT
Learning media has an essential role in the learning process; with learning media, the material that is difficult to understand or even abstract becomes concrete because of it. Wayang media can help Islamic Civilization History learning becomes easier to understand. The research objectives are (1) To develop Wayang media in Islamic Civilization History learning, (2) To describe Wayang media validity in Islamic Civilization History learning, and (3) To know the teachers' and students' responses to Wayang media in Islamic Civilization History.
This research used Research and Development in short R&D with the 4D model with some phases like define, design, development and dissemination. Data collection techniques used observations, interviews, documentation and questionnaires. There were four data collection instruments: material expert validation, media expert validation, and response from the Homeroom teacher of Fourth grade and the Islamic Civilization History teacher in MIN 2 Barito Utara.
The results showed that: 1) The development of Wayang media has through define phases based on need analysis, material analysis, students analysis and learning analysis; in the design phase, make a background with four characters of Wayang, then in the development phase Wayang media should be validated by experts, and the last in dissemination phase meant to spread the development product. 2) The result from the material expert scored 98.60 in a very feasible category. Next, the media expert scored 97.05% in the very feasible category. 3) The teachers' responses scored 85% in the very feasible category, and students' responses scored 94% in the very feasible category.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media wayang |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 02:33 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 02:33 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5224 |
Actions (login required)
View Item |