Pengembangan e-modul tematik kelas v berbasis book creator di MIN 1 Kota Palangkaraya

Dewi, Putri Tunggal (2022) Pengembangan e-modul tematik kelas v berbasis book creator di MIN 1 Kota Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Marhamah & 1701170103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan yang terjadi pada saat pandemi covid-19 mempunyai dampak bagi dunia pendidikan. Guru dalam menyampaikan pembelajaran harus menggunakan teknologi digital sebagai penunjang pembelajaran peserta didik belajar di rumahnya. Pada saat ini diperlukannya bahan ajar yang dapat menjadi penunjang pembelajaran, salah satunya adalah modul yang dikemas dalam bentuk elektronik. Salah satu kelebihan e-modul adalah siswa dapat belajar secara mandiri dalam mempelajari materinya. E-Modul yang berbasis elektronik yaitu E-Modul tematik yang menggunakan aplikasi book creator pada tema 3 dan subtema 3 tentang “Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat” di kelas V MIN 1 Kota Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengembangan E-Modul tematik tema 3 subtema 3 berbasis book creator. (2) Mendeskripsikan kelayakan E-Modul tematik tema 3 subtema 3 berbasis book creator. (3) Mendeskripsikan respon wali kelas dan siswa tentang E-Modul tematik tema 3 subtema 3 berbasis book creator.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, atau yang dikenal dengan Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Dengan teknik dan pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara kepada wali kelas VA, dokumentasi serta pemberian angket. Hasil data angket dari validasi ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan yang dilakukan kepada wali kelas dan siswa kelas VA. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan). Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).

Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa pada penilaian validasi ahli materi mendapatkan skor presentase 86,66 % dengan kategori “Sangat Layak. Pada validasi ahli media mendapatkan skor presentase 97,14 % dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya uji coba (respon) wali kelas VA mendapatkan skor 94,66 % dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil dari pemberian angket respon pada peserta didik di 3 tahap (perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar) bahwa E-Modul tematik ini menarik dan seru karena ada tambahan gambar, video serta audio pembelajaran serta sangat membantu dalam belajar. Kendalanya ada pada jaringan yang harus kuat, sehingga ada beberapa siswa yang loadingnya lama dalam membuka E-Modul tematik ini.

ABSTRACT

The changes that occurred during the COVID-19 pandemic had an impact on the world of education. Teachers in delivering learning must use digital technology as a learning support for students learning at home. At this time the need for teaching materials that can support learning, one of which is a module that is packaged in electronic form. One of the advantages of e-modules is that students can learn independently in studying the material. Electronic-based e-modules are thematic e-modules that use the book creator application on theme 3 and sub-theme 3 on "The Importance of Maintaining Healthy Food Intake" in class V MIN 1 Palangka Raya City. The research objectives were to (1) Describe the development of thematic E-Module theme 3 and sub-theme 3 based on book creator. (2) Describe the appropriateness of thematic E-Module theme 3 and sub-theme 3 based on book creator. (3) Describe homeroom teacher and student response about thematic E-Module theme 3 and sub-theme 3 based on book creator.

This research was Research and Development (R&D). Model that used in this research was ADDIE. Data collection techniques based on interview result from homeroom teacher of VA class, documentation and gave questionnaire. Questionnaire data result from validation of media and material expert and field try out which done by homeroom teacher and students of VA class. Development in this research used ADDIE model that consisted of five phases, they were Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation.

The result from development showed that validation assessment from material expert got score 86.66% stated as “very appropriate”. Next validation from media expert got score 97.14% stated as “very appropriate”. Then response from homeroom teacher of VA class got score 94.66 stated as “very appropriate”. Then response from gave the questionnaire to students in 3 phases (Individual, small and big group) that this thematic E-Module was interesting and fun because there were additional picture, video and audio of learning and very helpful when they studied. The problems were must have strong network and make some students took long time when opened this module.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:06
Last Modified: 10 Jan 2024 04:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item